Tuesday, April 26, 2016

Bus Transjakarta yang Dioperasikan Mayasari Bakti Diklaim Lebih Ramah Lingkungan

T Mayasari Bakti selaku operator PT Transjakarta mulai mengoperasikan 51 bus gandeng secara bertahap di koridor-koridor Transjakarta. Bus berkapasitas 111 orang itu bermerek Scania. 

United Tractors selaku distributor bus Scania mengklaim bus-bus dengan merek tersebut ramah lingkungan. Bus-bus yang menggunakan mesin berbahan bakar gas Euro 6 itu disebut dapat mengurangi gas buang hingga 87,5 persen dibandingkan dengan bus yang menggunakan emisi Euro 3. 

"Bus gandeng Scania dengan tipe k320iA bisa memberikan efisiensi cost bahan bakar dan juga ramah lingkungan, bisa memberikan reduce gas buang sekitar 87,5 persen," ujar General Manager United Tractors Suhardi di Kantor PT Mayasari Bakti, Klender, Jakarta Timur, Selasa (26/4/2016). 

Selain itu, Suhardi mengklaim bus Scania memiliki daya tahan lebih sehingga mampu dioperasikan dalam jangka waktu lebih dari 10 tahun. 

"Memiliki ketahanan yang cukup tinggi, long life, sehingga bisa melakukan penghematan biaya operasional," katanya. 

Teknologi yang digunakan untuk pengereman pun menggunakanelectronic brake system (EBS) yang berbeda dengan sistem konvensional. Teknologi ini diklaim memungkinkan bus tidak akan mundur saat berhenti di tanjakan. 

"Bus ini punya kenyamanan dan standar keamanan internasional fitur hill hold memungkinkan teknologi pengereman yang lebih lembut, mencegah terjadinya bus ini mundur di tanjakan jadi mencegah terjadinya kecelakaan," papar Suhardi.

No comments:

Post a Comment