Wednesday, April 27, 2016

Rawan Disewakan, Dinas Perumahan Tempel Foto Penghuni di Unit Rusun

Kepala Dinas Perumahan DKI Jakarta Ika Lestari Aji, Rabu (27/4/2016), mengunjungi Rusun Jatinegara Barat untuk menempelkan stiker identitas penghuni di tiap-tiap unit rusun.
"Tujuannya supaya tertib administrasi, tertib tidak terjadi hal-hal yang diinginkan seperti jual beli, sewa, karena dengan ada foto, memudahkan pengecekan oleh petugas," kata Ika.
Stiker identitas ini berisi nama penghuni, nomor SP, tanggal berlaku, dan dilengkapi foto dari penghuni yang bersangkutan. Rencananya, seluruh rusunawa yang dikelola Pemprov berjumlah 23 rusun akan ditempeli stiker ini.
"Rencananya sejak hari ini, yang pertama Rusun Jatinegara, yang lain menyusul nanti," ujar Ika.
Saat ini, di rusun lainnya sedang dilakukan pendataan, juga pengambilan foto penghuni. Di Rusun Jatinegara Barat belum ditemukan penyelewengan sewa.
Ika mengatakan, jika kedapatan menyewakan rusun, unit bisa diambil alih oleh Pemprov dan diserahkan ke orang lain. Sementara itu, Ika menyebut Rusun Kapuk Muara sebagai rusun yang rawan terjadi penyelewengan.
Dari kurang lebih 600 unit di sana, setengahnya diduga disewakan. Dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan penertiban di rusun itu. (Baca: Jual Beli Unit di Rusun secara Ilegal, Pemprov DKI Akan Buat Perjanjian Baru)
"Disinyalir di Rusun Kapuk Muara diisi orang Bagansiapiapi dan orang kaya. Kita lihat nanti kalau memang dia tidak punya KTP tidak punya SP, praktis kita keluarkan," ujarnya.

No comments:

Post a Comment