Saturday, April 30, 2016

Pesan Jokowi ke Pedagang Pasar: Tidak Kumuh, Senyum, dan Pakai Celemek

Pesan Jokowi ke Pedagang Pasar: Tidak Kumuh, Senyum, dan Pakai CelemekFoto: Muhammad Idris
Jayapura -
Program pembangunan 5.000 pasar hingga tahun 2019 mendatang masuk program Nawa Cita Presiden Joko Widodo (Jokowi). Selain memperbanyak pasar, Jokowi juga meminta kesan pasar-pasar tradisional yang kumuh dan becek bisa dihilangkan.

Hal itu diungkapkan Jokowi saat meresmikan pembangunan Pasar Mama-mama di Distrik Gurabesi, Kecamatan Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (30/4/2016).

"Saya senang sekali pasar ini dibangun. Katanya pasarnya ada 2 lantai, ada pasar basah, ada pasar kering buat kerajinan. Yang basah saya minta jangan kalah dengan mal," ujar Jokowi.

"Kalau sudah jadi pasarnya, agar pasarnya bersih, nggak becek, dan nggak bau. Saya titip Pak Wali (Wali Kota Jayapura) di pasar tolong dibuatin seragam. Pakai celemek biar tambah cantik. Ada seragamnya jadi kan nggak kalah dengan yang jualan di mal," katanya lagi yang disambut tawa Mama-mama pedagang.

Dia menuturkan, kumuhnya pasar tradisional masih jadi masalah klasik di semua propinsi. Di sisi lain, pasar modern semakin tumbuh dan menyisihkan keberadaan pasar tradisional.

"Tidak hanya Papua, tapi seluruh Indonesia. Pasar harus bersih, dagangannya ditata rapi, nggak becek, nggak bau. Pedagangnya harus tersenyum, jangan nggak mau senyum, kalau galak siapa yang mau datang?" kata Jokowi.

No comments:

Post a Comment