Wednesday, April 27, 2016

Ambisi Ahok Menguasai Angkutan Umum Se-Jabodetabek

Terhitung per 25 April 2016, PT Transportasi Jakarta membuka enam rute baru, empat di antaranya melayani trayek ke dua kota penyangga, Bekasi dan Depok.
Pembukaan rute hingga ke kota penyangga ini merupakan tindak lanjut dari keinginan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama beberapa bulan silam.
Pada Januari lalu, Ahok (sapaan Basuki) menyatakan keinginan agar ke depannya warga kota-kota penyangga mengubah kebiasaannya dari menggunakan kendaraan pribadi ke angkutan umum.
Ia menilai, hal itu bisa diwujudkan jika tarif angkutan umum lebih murah dari harga bahan bakar, terutama yang dihabiskan untuk sepeda motor.
Saat ini, beberapa moda angkutan umum yang melayani rute Jakarta ke kota-kota penyangga adalah kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek, bus angkutan perbatasan terintegrasi bus transjakarta (APTB), bus transjaboderabek, dan bus-bus kota reguler.
Khusus untuk APTB dan angkutan umum berbasis bus lainnya, Ahok menilai tarif yang diberlakukan selama ini relatif mahal dan membuat pengguna sepeda motor beralih menggunakan angkutan umum.
Oleh karena itu, ia ingin sebuah angkutan yang bisa menerapkan besaran tarif seperti bus transjakarta, Rp 3.500.
Nursita SariBus-bus gandeng milik PT Mayasari Bakti yang siap dioperasikan di Pul PT Mayasari Bakti, Klender, Jakarta Timur, Selasa (26/4/2016).
"Coba kamu bayangin kalau kamu dari Bekasi atau Tangerang, kamu mesti bayar tiket Rp 6.000-Rp 8.000 terus bayar lagi Rp 3.500, kamu pasti memilih naik motor. Jadi, kalau saya kasih Anda Rp 3.500 dari Bekasi atau Depok, kamu mungkin lepasinmotor karena lebih murah biayanya," kata dia di Balai Kota, Senin (4/1/2016).
Dengan tarif Rp 3.500, Ahok yakin para pengguna kendaraan akan beralih menggunakan angkutan umum dan operator APTB dan angkutan umum berbasis bus lainnya mau bergabung di bawah pengelolaan PT Transjakarta.
"Kalau enggak, kamu pasti bangkrut bersaing dengan kami. Kamu mau naik metromini butut bayar Rp 4.000 apa bayar Rp 3.500 yang bus AC? Sudah begitu seluruh jaringan transjakarta enggak usah bayar lagi," ujar Ahok.
Sampai sejauh ini, sudah ada dua operator bus yang bersedia bergabung ke PT Transjakarta. Keduanya ialah PT Mayasari Bakti dan Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD). Keduanya tercatat memiliki bus APTB dan angkutan umum berbasis bus lainnya.
Pemprov DKI masih terus berupaya agar langkah yang dilakukan Mayasari dan PPD diikuti operator bus lainnya, terutama operator yang memiliki bus APTB dan angkutan umum berbasis bus lainnya.
Sepi penumpang
Pada hari-hari pertama pengoperasian transjakarta ke Bekasi dan Depok, jumlah penumpangnya sangat minim. Bahkan, di rute Depok, ada satu bus yang hanya mengangkut penumpang satu orang.
Namun, Ahok tetap yakin ke depannya transjakarta akan diminati. Ia menilai sepinya penumpang hanya disebabkan kurangnya sosialisasi.
"Kalau sekarang, orang belum tahu (ada perluasan rute transjakarta) dan jamnya belum banyak. Hanya ada lima unit, enggak cukup," kata Ahok di Balai Kota, Selasa (26/4/2016).
Kompas.com/Alsadad RudiSituasi di dalam salah satu bus transjakarta rute Kampus Universitas Indonesia-Manggarai pada hari pertama pengoperasiannya, Senin (25/4/2016). Terpantau bus masih kolong melompong tanpa membawa satupun penumpang.
Pada kesempatan terpisah, Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Andri Yansyah menyatakan, pembukaan rute transjakarta ke kota-kota penyangga akan terus dilakukan.
Setelah Bekasi dan Depok, ia menyebut transjakarta juga akan membuka rute ke Tangerang yang rencananya beroperasi pekan depan.
Selain itu, ia juga mengungkapkan Pemprov DKI Jakarta tengah menawarkan bantuan berupa pembangunan park and ride di daerah penyangga yang menjadi tujuan layanan baru transjakarta.
Andri yakin keberadaan fasilitas park and ride dapat dimanfaatkan warga untuk memarkirkan kendaraannya dan beralih menggunakan transjakarta.
"Kalau Pak Gubernur sih prinsip, kalau dia punya tanah strategis bisa diajukan untuk pembangunan park and ride, kita bantu," kata Andri.

No comments:

Post a Comment