Wednesday, April 27, 2016

Warga Karawang tagih janji Gubernur Jabar atasi banjir

Warga Karawang tagih janji Gubernur Jabar atasi banjir
Banjir Karawang. ©2016 merdeka.com/bram salam
Merdeka.com - Masyarakat korban banjir di sejumlah desa sekitar Kecamatan Teluk Jambe Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menagih janji Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawanmengatasi banjir tahunan di daerah tersebut, dengan membangun danau buatan.
"Gubernur Jabar pernah berjanji di hadapan masyarakat saat berkunjung ke daerah kami yang saat itu sedang dilanda banjir, pada 15 Januari 2014," kata Asep Saefullah, salah satu warga Karawang, Rabu (27/4).
Ketika itu, sambung Asep, Gubernur Jabar berjanji akan membangun danau buatan di sekitar Teluk Jambe Barat. Tujuan pembuatan danau untuk menampung limpasan air sungai Citarum dan Cibeet agar tidak terjadi merendam rumah warga. Tetapi sampai saat ini janji itu belum terpenuhi.
Asep mengungkapkan, setiap tahun ratusan warga desa yang tinggal di sekitar Teluk Jambe Barat selalu menjadi langganan korban banjir.
"Sampai saat ini, warga masih menjadi korban banjir karena belum ada langkah konkret dari pemerintah dalam mengatasi peristiwa banjir di daerahnya," ungkapnya dilansir dari Antara.
Selain kecewa kepada gubernur yang hingga kini belum merealisasikan pembangunan danau buatan, masyarakat korban banir di sekitar Kecamatan Teluk Jambe Barat juga kecewa ke Pemkab Karawang.
Menurut dia penyebab banjir di daerahnya yang selalu terjadi setiap tahun ialah akibat meluapnya Sungai Cibeet. Tetapi sama sekali belum ada tindakan nyata dari Pemkab Karawang untuk mengatasi banjir yang selalu terjadi setiap tahun ini.
"Maksud saya, minimal ada upaya Pemkab Karawang untuk meminta Pemprov atas BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) untuk melakukan normalisasi sungai besar yang ada di Karawang," tutupnya.

No comments:

Post a Comment