Wednesday, April 27, 2016

KTP Warga Rusun Rawa Bebek Baru Diurus Setelah Mereka Pindah ke Unit Baru

Kepala Unit Pengelola Rumah Susun (UPRS) Rawa Bebek Ani Suryani mengatakan, warga eks Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, yang telah direlokasi ke Rusun Rawa Bebek, Cakung, Jakarta Timur, belum memiliki KTP baru sesuai alamat rusun.
KTP mereka baru akan diurus setelah warga pindah ke rusun khusus untuk keluarga yang sedang dibangun di sebelah rusun yang mereka tempati saat ini.
"Untuk KTP belum dulu ya karena di sini mereka kan sementara, nanti kan pindah ke sebelah. Sekarang rusunnya masih dalam proses (dibangun)," ujar Ani kepada Kompas.com di Rusun Rawa Bebek, Rabu (27/4/2016).
Menurut Ani, jika KTP penghuni rusun dibuat sesuai alamat saat ini, mereka harus tetap membuat KTP baru lagi sesuai alamat unit baru yang akan mereka tempati nantinya. Oleh karena itu, kebijakan pembuatan KTP baru mereka pun akan diundur.
"Kalau dibuatkan sekarang, nanti pindah ke sana harus ganti lagi. Nanti KTP alamat di sini belum terbit, sudah pindah lagi," katanya.
Ani menyebut sudah membicarakan hal ini dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Perpindahan warga ke unit baru nantinya menjadi pertimbangan mereka tidak segera membuatkan KTP baru.
"Kemarin saya sudah rapat dengan Disdukcapil, sebenarnya 14 hari setelah mereka tinggal (di rusun) kan harus dibuatkan KTP. Tapi karena nanti mereka pindah, itu kan jadi pertimbangan juga," tutur Ani.
Selain KTP, para penghuni pun belum memiliki akun di Bank DKI. Pembuatan rekening baru akan dilakukan setelah mereka memiliki KTP.
"Untuk Bank DKI juga sama, karena rekening bank kan berdasarkan KTP," ucap Ani. (Baca: Ada Penghuni Rusun Rawa Bebek yang Pindah ke Rusun Marunda)
Saat ini, setiap kepala keluarga (KK) menempati unit rusun tipe 24 berukuran 4 x 6 meter. Rusun itu mulanya disediakan untuk warga yang belum berkeluarga. Namun kini rusun itu menjadi tempat tinggal sementara warga yang direlokasi dari Pasar Ikan.
Pemerintah merencanakan untuk memindahkan warga Pasar Ikan itu ke rusun khusus untuk keluarga yang sedang dibangun di sebelah rusun yang ditempati saat ini. Rusun khusus untuk keluarga itu diperkirakan rampung pada akhir tahun ini. (baca:Pengelola Rusun Rawa Bebek Tempeli Surat di Unit yang Tak Ditempati)

No comments:

Post a Comment