Wednesday, April 27, 2016

Jokowi Ingin Tanggul Raksasa Jadi Solusi Pengelolaan Air di Jakarta Utara

Presiden Joko Widodo mendapat data mengenai penurunan muka tanah di Jakarta Utara. Jokowi ingin proyek tanggul raksasa atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) menjadi solusi.

"Sebab itu pembangunan pesisir di Jakarta Utara, NCICD yang sudah digagas cukup lama ini akan menjadi sebuah jawaban untuk Jakarta," kata Jokowi membuka rapat di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (27/4/2016).

Menurut data yang diperoleh Jokowi, penurunan muka tanah di Jakarta Utara mencapai 7,5 sampai 12 cm per tahun. Sehingga pada tahun 2030, permukaan tanah Jakarta Utara berada di bawah permukaan air.

"Sebagai Ibu Kota negara, DKI Jakarta harus memiliki pertahanan dan daya dukung lingkungan yang sustained dan berkelanjutan baik dalam penyediaan kualitas air bersih, air minum dan juga mitigasi penurunan permukaan tanah, pengelolaan air limbah revitalisasi sungai dan banjir," papar mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Jokowi ingin aspek strategis dibahas lebih detail terkait NCICD. Dia juga menekankan agar aspek lingkungan menjadi perhatian utama dalam pembangunan.

"Kemarin saat kunjungan ke Belanda saya melihat Belanda terkait pengelolaan air termasuk water supply, sanitasi, dan yang lain-lainnya," kata dia. 

No comments:

Post a Comment