Friday, January 1, 2016

Tak seperti Purwakarta, petugas kebersihan DKI cuma dapat nasi kotak

Di malam tahun baru, nasib petugas kebersihan Purwakarta dan Jakartabagaikan langit dan bumi. Di Purwakarta, Bupati Dedi Mulyadi secara khusus mengundang petugas kebersihan untuk makan bersama. Gala dinner sengaja digelar bagi mereka. Tidak hanya itu, hari ini petugas kebersihan juga diberikan libur.
Sementara di Jakarta, petugas kebersihan sudah sibuk sejak pukul 02.00 WIB. Terlebih petugas kebersihan yang bertugas di sekitar Ancol, Monas dan Bunderan HI. Mereka harus bekerja ekstra keras membersihkan sampah yang menumpuk bekas perayaan malam pergantian tahun. Jika di Purwakarta digelar gala dinner, petugas kebersihan Jakarta hanya diberi makan nasi kotak.
"Tadi pagi kami diberi nasi kotak dan teh kotak. Itu aja," kata Ipah (40) ketika ditemui merdeka.com di kawasan wisata Ancol, Jakarta Utara, Jumat (1/1).
Sejak dini hari Ipah dan petugas lainnya sudah mulai membersihkan sampah bekas perhelatan tutup tahun yang tahun ini dipusatkan di Ancol
"Dari tadi pagi kami mulai bersih. Sampahnya banyak sekali," ucap dia yang baru mendapat jatah libur hari Senin.
Untuk upah kebersihan, Ipah dan rekan-rekannya digaji Rp 87.000 per hari. Upah itu tidak termasuk biaya makan yang harus ditanggung sendiri.
Pantauan merdeka.com, beberapa petugas kebersihan beristirahat sejenak di bawah pohon kayu. Sisa sampah semalam masih belum tuntas dibersihkan. Sementara itu, pengujung sudah mulai ramai mendatangi kawasan ini.

No comments:

Post a Comment