Monday, January 25, 2016

Parpol Diminta Segera Tetapkan Calon Gubernur untuk Saingi Ahok

Meski masih ada rentang waktu satu tahun lagi, pemilihan kepala daerah atau gubernur di DKI Jakarta dinilai sudah bisa dipersiapkan dari sekarang.
Adapun salah satu yang mengaku sudah siap mencalonkan diri adalah Gubernur DKI Jakarta Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama melalui jalur independen.
Peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes menilai, partai politik yang ingin ikut dalam pilkada tahun depan perlu segera menetapkan calon yang akan diusung.
Hal itu disebabkan warga Jakarta sebagian besar masih memilih Basuki sebagai calon gubernur yang akan mereka pilih nantinya.
Kesimpulan sementara itu didapat dari survei "Calon Independen Vis A Vis Calon Partai" yang dilakukan CSIS selama 5 sampai 10 Januari 2016 dengan mengikutsertakan 400 responden warga Jakarta yang tersebar di lima wilayah kota, kecuali Kepulauan Seribu.
Metode survei menggunakan penarikan sampel secara acak dengan margin of error lebih kurang 4,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.
"Belum ada kandidat selain Ahok (sapaan Basuki) yang mendeklarasikan diri, memengaruhi pilihan publik. Jaraknya sangat jauh. Dari 12 nama calon gubernur DKI Jakarta, nama Basuki Tjahaja Purnama masih menempati urutan pertama, dengan 43,25 persen pilihan responden," kata Arya kepada pewarta, Senin (25/1/2016).
Dari kategori kemantapan pemilih di DKI Jakarta, sebanyak 54,25 persen responden mengaku sudah mantap dengan pilihannya yang sebagian besar adalah Basuki. (Baca: CSIS: Teman Ahok Belum Diketahui Warga Jakarta)
Kategori lainnya juga menunjukkan pemilih partai tertentu dalam pemilihan legislatif akan tetap memilih Basuki sebagai gubernur DKI Jakarta, meski Basuki tidak diusung partai politik.
Di satu sisi, partai politik merupakan lembaga yang tingkat kepercayaan publiknya paling rendah dalam survei tersebut, hanya 27,75 persen. Hal ini turut mendorong dukungan lebih bagi Basuki yang maju melalui jalur independen.
"Maka dari itu, kalau parpol mengajukan calon yang berkualitas, ada kemungkinan Ahok mendapat lawan yang sebanding dalam pilkada nanti. Sampai sekarang kan baru Gerindra yang bilang akan menyaring kadernya untuk maju di Pilkada DKI, partai lain belum ada," ujar Arya. (Baca: Survei CSIS: Warga DKI Menyukai Kepribadian Ahok, Setelah Itu Prestasinya)

No comments:

Post a Comment