Wednesday, January 27, 2016

Jokowi tegaskan rakyat harus cukup pangan dan petani sejahtera

Presiden Joko Widodo ( Jokowi) memimpin rapat terbatas dengan agenda membahas kebijakan di bidang pangan.Jokowi ingin memastikan kebijakan pangan betul-betul daya beli dan ketersediaannya terpenuhi untuk rakyat.

"Saya ingin menekankan bahwa tujuan kebijakan di bidang pangan adalah membuat rakyat cukup pangan. Sekali lagi saya ulang, untuk membuat rakyat cukup pangan. Ini yang harus digarisbawahi, membuat rakyat cukup pangan," kata Jokowi di Kantor Presiden,Jakarta, Rabu (27/1).

Yang kedua, Jokowi menegaskan, masalah pangan harus bisa menurunkan kemiskinan. Karena masalah pangan ini memberikan kontribusi yang besar terhadap angka kemiskinan.

"Yang ketiga untuk membuat petani lebih sejahtera dan juga untuk membuat produsen pangan dalam negeri makin besar andilnya untuk mencukupi kebutuhan pangan. Dan juga untuk membuat APBN kita semakin efektif untuk menjangkau rakyat ini yang berhubungan nantinya dengan subsidi," jelas Jokowi.

Presiden berharap, para petani dan pedagang dapat hidup sejahtera. Para konsumen juga mendapatkan kecukupan pangan dan daya belinya terjangkau.

"Jadi yang sejahtera jangan hanya yang tengah, yang pedagangnya, yang tradernya, tapi yang berproduksi juga harus diberikan juga keuntungan dan kesejahteraan," tegas Jokowi.

"Intinya kita memerlukan sebuah kebijakan yang menyeimbangkan antara produsen, pedagang dan konsumen. Ini yang memang bukan sesuatu yang mudah. Tetapi saya yakin kalau kita mempunyai visi yang sama, mempunyai pemikiran yang sama, dan mudah diselesaikan," tandasnya.

No comments:

Post a Comment