Wednesday, January 27, 2016

Dilema Hadapi Pilgub DKI, Ridwan Kamil: Semua Indah Pada Waktunya

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil tak menghadiri penjaringan lanjutan cagub DKI dari Gerindra. Rupanya Ridwan Kamil  masih dilema, simak ceritanya.

"Saya ini belum final jadi wali kota Bandung. Kalau saya jadi gubernur Jakarta, maka akan ada 1 tahun masa jabatan saya yang harus saya tinggalkan. Ada PR yang belum saya kerjakan," kata Ridwan Kamil usai acara Mandiri Investment Forum di Hotel Fairmont Senayan, Jakarta, Rabu (27/1/2016).

Dia mengumpamakan apa yang dihadapinya seperti yang dihadapi Joko Widodo yang harus meninggalkan Solo untuk maju Pilgub DKI, Jokowi kemudian harus menghadapi dilema sekali lagi saat memutuskan maju Pilpres. Bagi Ridwan Kamil, langkah Jokowi tak bisa disalahkan.

"Makanya kalau Pak Jokowi meninggalkan jabatan gubernur DKI Jakarta untuk jadi presiden sebelum masa jabatannya habis, ya bukan salah beliau. Beliau tentu sangat dilematis. Tapi jangan disalahkan individunya, salahkan jadwal pemilihannya yang kenapa nggak serempak," kata Ridwan Kamil.

Namun meski dalam kondisi dilema, Ridwan Kamil terus mengumpulkan informasi mengarah ke Pilgub DKI. Dia juga memenuhi undangan sejumlah petinggi parpol seperti Ketum Gerindra Prabwo Subianto dan Ketum Golkar Aburizal Bakrie.

"Saya hanya menghadiri undangan, diundang pak Prabowo saya datang. Diundang pak Aburizal Bakrie saya datang. Diundang PKS, by Phone. Dan lain-lain. Tapi saya nggak mengambil keputusan apa-apa," kata Ridwan Kamil.

"Yang sekarang saya lakukan adalah mengumpulkan informasi. Sekarang informasi yang saya punya baru 60%. Belum cukup bagi saya untuk mengambil keputusan," imbuhnya diplomatis.

Lalu apakah pada akhirnya ia akan mengikuti 'jalan Jokowi' dan maju Pilgub DKI?

"Makanya saya bilang ini belum waktunya bagi saya mengambil keputusan. Nanti kalau sudah waktunya saya sampaikan. Jadi saya bilang, semua akan indah pada waktunya. Saya hanya kembali ke pesan Ibu Saya, semua akan bahagia pada waktunya," pungkasnya memberikan teka-teki.

No comments:

Post a Comment