Monday, January 25, 2016

Survei CSIS: Elektabilitas Ahok 45%, Ridwan Kamil 15,75%

 Meski Pilkada 2017 masih lama, sejumlah nama mulai digadang-gadang sebagai calon penantang Ahok di Jakarta. Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) mencatat elektabilitas calon gubernur DKI Ahok masih tertinggi dan dibayangi Walikota Bandung Ridwan Kamil.

"Untuk elektabilitas calon gubernur DKI, 45 persen akan memilih ahok disusul Ridwan Kamil dan Risma. Ada Adhyaksa Dault juga," kata peneliti CSIS Arya Fernandes dalam rilis hasil survey Pra-Pilkada DKI 'Calon Independen vis-a-vis Calon Partai' di kantor CSIS, Graha Pakarti Centre, Jl Tanah Abang III, Jakarta Pusat, Senin (25/1/2016).

Dalam survei ini, Ridwan Kamil berada di posisi kedua dengan tingkat elektabilitas 15,75 persen dan disusul Walikota Surabaya Tri Rismaharini sebesar 7,75 persen. Selain ketiga nama itu masih ada nama tokoh lainnya seperti mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault dengan elektabilitas 4,25 persen.

Angka yang cukup jauh ini disebut Arya karena belum adanya calon yang benar-benar mendeklarasikan diri sebagai penantang Ahok. Selain keempat nama di atas, ada juga nama politisi PPP yang kerap berselisih paham dengan Ahok yakni Abraham 'Lulung' Lunggana dengan elektabilitas 2,25 persen. Posisinya berada di atas Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat dan Fauzi Bowo  yang hanya meraih 1 persen.

Survei ini dilakukan pada 400 sample warga Jakarta yang telah memiliki hak pilih dalam pemilu pada 5-10 Januari 2016. Metode yang digunakan secara acak dengan margin of error +/- 4,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Khusus untuk survei elektabilitas ini, dilakukan dengan sistem terbuka dan responden berhak mengajukan siapapun. CSIS lalu mengkerucutkan menjadi 12 nama yakni Ahok, Ridwan Kamil, Risma, Adhyaksa Dault, Hidayat Nur Wahid, Tantowi Yahya, Lulung, Nachrowi Ramli, Alex Noerdin, Djarot Saiful, Djan Faridz dan Sandiaga Uno. Dalam simulasi 12 nama itu, nama Ahok mencapai elektabilitas 43,25, Ridwan Kamil 17,25 persen dan Risma 8 persen.

"Mayoritas pilihan publik terhadap calonnya sudah mantap. Hal ini terlihat dalam survei kami sebesar 54,25 persen yang menyatakan sudah mantap dan hanya 36,25 persen yang masih bisa berubah," ujarnya.

Dari segi popularitas, ketiga kepala daerah ini juga masih berada di posisi teratas. Popularitas Ahok mencapai 94 persen dan Tantowi Yahya sebesar 81 persen.

Di bawah Tantowi, ada nama Ridwan Kamil dengan popularitas sebesar 71,25 persen dan Lulung 69,25 persen. Dalam hal popularitas, Lulung mengalahkan Risma yang hanya memperoleh popularitas 63,75 persen dan Adhyaksa Dault dengan angka popularitas 50,75 persen. Untuk popularitas, Sandiaga Uno berada di urutan paling bawah dengan popularitas 20,75 persen.

Yang menarik, dalam survei tingkat kesukaan, Ahok ada di posisi ketiga dengan hasil 71,39 persen. Di urutan pertama ada Risma dengan angka 85,54 persen disusul Ridwan Kamil dengan angka 85,02 persen.

No comments:

Post a Comment