Saturday, September 6, 2014

Jokowi: Di Desa Dikasih Rp 1 M Efeknya Bisa Hasilkan Puluhan Miliar



















Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo, bertemu dengan LSM yang bergerak di bidang pedesaan. Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan pada masa pemerintahannya tiap desa akan mendapat Rp 1 miliar hingga Rp 1,4 miliar.

Menurut Jokowi, program yang akan diberikan harus mempunyai target profit. Bila suatu desa mendapat suntikan dana sebesar Rp 1 miliar maka desa tersebut harus menghasilkan puluhan miliar rupiah.

"Harus merubah sikap mental untuk selalu menang. Bukan masalah anggaran. Artinya kalau mereka diberi Rp 1 miliar bisa memberi efek puluhan miliar," ujar Jokowi pada acara Kongres Pergerakan Desa 2014, di Hotel Grand Cempaka, Jl Letjend Suprapto, Jakpus, Sabtu (6/9/2014).

Jokowi mengatakan, bila desa tidak bisa menghasilkan efek keuntungan, hal itu adalah salah. Untuk seperti itu, Jokowi meminta seluruh jajaran desa harus merubah sikap mental.

"Kalau dikasih Rp 1 miliar cuma bisa hasilkan setengahnya itu keliru," ucapnya.

Jokowi mencontohkan, ada suatu desa di Kabupaten Salatiga, Jawa Tengah, yang bisa hidup mandiri. Desa itu berhasil memasarkan hasil taninya ke pasar kelas atas bukan hanya pasar tradisional.

"Artinya apa? Kalau di desa itu kita kasih Rp 1 miliar maka efeknya bisa hasilkan puluhan miliar," tutur Jokowi.

No comments:

Post a Comment