Saturday, September 27, 2014

Jokowi Resmikan Ground Breaking Masjid Raya Jakarta yang Berornamen Betawi

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan Masjid Raya Jakarta di Daan Mogot, Jakarta Barat. Masjid tersebut dibangun dengan ornamen Betawi.

Peresmian dilakukan sore hari sekitar pukul 17.00 WIB di Mesjid tersebut berada di Jalan Daan Mogot, KM 14, Rw 14, Kelurahan Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (26/9/2014). Hadir dalam acara tersebut Ketua MUI DKI Jakarta Syarifudin Abdul Gani dan Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintah DKI Jonathan Pasodung.

"Dalam sebuah kota modern, nggak melulu soal ekonomi, harus ada keseimbangan dengan religiusnya," kata Jokowi di lokasi.

Jokowi juga menjelaskan alasannya memilih Daan Mogot, Jakbar sebagai lokasi masjid tersebut. Pasalnya, di Jakarta Timur sudah punya masjid besar, yakni At Tien, di Jakarta Selatan juga sudah ada Al Azhar, Jakarta Utara ada Islamic Center dan Jakarta Pusat ada Masjid Istiqlal.

"Di semua Jakarta sudah ada masjid raya, nah, di sini belum ada. Maka kita bangun Masjid Raya Jakarta," ucap Presiden RI terpilih ini.

Masjid tersebut dibangun dengan luas 17,8 hektare. Di belakangnya sudah dibangun 8 blok rumah susun. 3 blok akan selesai bulan Oktober. Rusun tersebut diperuntukkan bagi warga relokasi dari Kali Mookevart.

Masjid itu diperkirakan bisa menampung 16 ribu jemaah. Akan ada tempat untuk usaha kecil menengah (UKM), dan perpustakaan. Total anggaran yan digunakan Rp 170 miliar dan ditargetkan selesai 2015 atau prtengahan 2016. Konsep masjid raya ini yaitu tropis dann membumi.

"Semoga jadi masjid yang indah, dikelilingi hijau semua. Memang dirancang berarsitektur Betawi. Yang paling penting jadi masjid yang makmur," kata Jokowi.

No comments:

Post a Comment