Tuesday, September 30, 2014

Ricuh Penertiban Pedagang Hewan Kurban, Ahok: Ini Mau Diselesaikan Wali Kota

Jakarta - Protes pedagang hewan kurban di Tanah Abang yang menolak ditertibkan sampai ke telinga Wagub DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Ia juga sudah memprediksi keberatan para pedagang. Ahok lalu menyerahkan penyelesaian masalah itu ke Wali Kota Jakarta Pusat, Rustam Effendi.

"Hari ini mau diselesaikan sama Wali Kota (Jakarta Pusat). Kamu tanya ke Wali Kota," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Selasa (30/9/2014).

Mengenai banyaknya pedagang yang protes, Ahok bersikap santai. Kebijakan penertiban pedagang hewan kurban di trotoar dan jalur hijau sudah diprediksinya akan menuai banyak protes.

"Ya pasti banyak keberatanlah," ujar Ahok.

Sejak pukul 11.00 WIB tadi, puluhan pedagang hewan kurban menutup Jalan KH Mas Mansyur dari arah Kuningan ke Tanah Abang. Kondisi itu sempat mengganggu lalu lintas. Beberapa warga yang marah juga menggeruduk kantor Kecamatan Tanah Abang sambil membawa bambu.

“Ahok kalau berani ke sini!” teriak beberapa warga yang menolak ditertibkan. Akibat aksi yang mulai ricuh, para petugas Satpol PP yang dibantu TNI dan Polri akhirnya batal merelokasi para pedagang.

Penertiban para pedagang itu karena keberadaan mereka dianggap melanggar Instruksi Gubernur (Ingub) no 67 terkait larangan menjual hewan kurban di trotoar dan di atas saluran air karena mengganggu kenyamanan umum. Pemprov DKI Jakarta juga telah menyiapkan lokasi untuk menampung para pedagang itu di Jalan Stainless.

No comments:

Post a Comment