Friday, January 8, 2016

Ramai Klinik Abal-abal, Ahok: Kalau Lihat Praktik Nggak Benar, Lapor!

 Klinik Chiropractic First di Pondok Indah Mal tengah menjadi sorotan lantaran terseret kasus malpraktik dan tidak berizin. Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) meminta warga untuk segera melapor ke Dinas Kesehatan DKI apabila menemukan tempat  yang dicurigai melakukan malpraktik.

Ahok mengatakan selama ini pihaknya kesulitan mengidentifikasi klinik yang benar-benar teruji atau abal-abal alias palsu karena tidak pernah ada laporan dari warga. Pasalnya, sebagian masyarakat masih banyak yang cuek berobat ke dukun meskipun tidak mengantongi surat izin.

"Masyarakat mesti lapor kalau ragu-ragu. Sama saja kayak masyarakat ke dukun juga enggak ada izin tapi tetap demen, susah juga kan saya. Bisa enggak dukun malpraktek? Banyak juga kejadian. Susah kan?" ujar Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (8/1/2016).

Ahok meminta kepada warga untuk lebih peduli terhadap kondisi sekitarnya. Apabila dia melihat ada infus warna-warni di klinik maka sudah seharusnya mereka curiga dan melapor kepada Pemprov agar bisa ditelaah perizinannya.

"Mana bisa sih klinik biasa sampai infus darah warna-warni. Kalau kayak gitu kamu mesti curiga dong. Ada yang sampai kasus cacat dulu, masukin mesin apa terus cacat orangnya terus baru nuntut. Ya waktu masuk-masuk (klinik) gitu lu enggak lapor kita. Mungkin dia keluarnya lebih cantik, ya susah juga kita kan," sambungnya.

"Yang penting mesti lapor kalau ragu-ragu lihat praktek sudah enggak benar," tutup Ahok.

Sebelumnya, Ahok sudah memerintahkan kepada Dinas Kesehatan DKI untuk menyegel klinik Chiropractic First yang tersebar di 10 titik Ibu Kota. Pasalnya mereka tidak memiliki izin praktek.

(Baca juga: Klinik Chiropractic First di Plaza FX Juga Disegel Polisi)


(aws/slh)

No comments:

Post a Comment