Tuesday, January 12, 2016

Puluhan Rumah di Bantaran Ciliwung di RW 10 Bukit Duri Ditertibkan

Puluhan Rumah di Bantaran Ciliwung di RW 10 Bukit Duri Ditertibkan

Sebanyak 80-an rumah di bantaran Sungai Ciliwung yang terletak di Kelurahan Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, diratakan oleh petugas setelah penghuninya direlokasi ke rusun. Rumah-rumah itu dirobohkan untuk normalisasi Kali Ciliwung guna menghalau banjir musiman.

"Kami ingin mengembalikan kondisi Ciliwung ini ke kondisi semula," ujar Kepala Satuan Non Vertikal Tertentu Pelaksanaan Jaringan Sumber Air Balai Besar Wilayah Sugai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Puji Sutarto di lokasi, Selasa (12/1/2016).

Penertiban bangunan-bangunan itu dilakukan sejak pukul 08.00 WIB di Jalan Kampung Melayu Kecil 1. Dua eskavator dikerahkan untuk merobohkan rumah-rumah semipermanen itu.  Satu eskavator terlihat menghancurkan bangunan dari arah sungai dan satu eskavator lainnya terlihat menghancurkan dari pinggiran sungai.

Tidak ada perlawanan kepada petugas dari para warga karena para warga sudah direlokasi ke Rusun Cipinang Besar Selatan (Cibesel), Jakarta Timur. Meski berlangsung kondusif, seratusan anggota Brimob tetap berjaga-jaga di lokasi. Penggusuran ini menjadi tontonan warga sekitar.

Puji menambahkan hunian yang dirobohkan  terletak di RT 11, 12, 15 RW 10, Kelurahan Bukit Duri. Seluruh bangunan yang digusur termasuk kategori liar karena tidak memiliki sertifikat tanah. Ditargetkan Puji, proses penggusuran dapat dirampungkan hari ini.

"Warga sudah kami pindahkan ke Rusun Cipinang Besar Selatan. Tapi ada 2-3 orang yang tidak mau direlokasi namun tidak mengganggu proses penertiban ini," ucap Puji.

Dalam sosialisasi pengadaan lahan untuk normalisai Kali Ciliwung kepada warga RT 11, RT 12 dan RT 15 di RW 10 pada Desember 2015, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane T Iskandar menjelaskan mengapa lokasi di RW 10 yang didahulukan untuk dinormalisasi. Alasannya, karena wilayah tersebut sangat kritis ketika musim hujan datang dan apabila air Kali Ciliwung dengan debit besar dan di wilayah Kampung Pulo sudah tertutup dengan tanggul, maka air Kali Ciliwung akan menghempas ke wilayah RW 10 di Bukit Duri. Maka dari itu wilayah RW 10 menjadi perioritas yang akan segera dikerjakan mengingat bulan Januari 2016 diprediksi intensitas hujan akan tinggi. 

No comments:

Post a Comment