Wednesday, January 6, 2016

Jokowi: Peralihan PTS Menjadi PTN Meningkatkan Asas Pemerataan Pendidikan

Sebanyak 29 perguruan tinggi swasta (PTS) diusulkan menjadi perguruan tinggi negeri (PTN). Proses peralihan itu telah dilakukan sejak tahun 2010.

"Namun dengan pertimbangan masih adanya permasalahan yang mengiringi penegrian PTS-PTS itu, pemerintah telah melakukan moratorium perubahan bentuk PTS menjadi PTN," ujar Jokowi saat membuka rapat kabinet terbatas di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (6/1/2016).

Moratorium itu diberlakukan sejak 1 Agustus 2013. Kemudian pada 29 Juni 2015, pemerintah memutuskan untuk memperpanjang moratorium tersebut.
Suasana rapat kabinet terbatas (Laily/Setpres)
"Itu saya minta Menristek Dikti untuk memaparkan perkembangan permasalahan-permasalahan yang ada, baik yang berkaitan dengan lahan, kebijakan aset, kemudian serah terima yang berkaitan dengan status dosen dan pegawai yang jumlahnya kurang lebih 4.300-an orang, dan saya kira itu perlu diselesaikan," tutur Jokowi.

Menristek Dikti M Nasir yang hadir dalam rapat ini kemudian diminta memberikan pemaparan. Hadir pula Menkes Nila F Moeloek dan Menag Lukman Hakim.

"Saya melihat kalau kebijakan ini cukup baik, yakni meningkatkan asas pemerataan dan pemerataan pendidikan di seluruh Indonesia, khususnya di wilayah-wilayah terdepan, terluar dan tertinggal," kata Jokowi sebelum meminta Nasir memberikan pemaparan 

No comments:

Post a Comment