Wednesday, January 6, 2016

Duh, 50 Persen Petugas Kebersihan di Bandung Masih Digaji di Bawah UMK

Lebih dari 50 persen pekerja di PD Kebersihan Kota Bandung masih diberi gaji di bawah standar Upah Minimum Kota (UMK). Mayoritas adalah petugas penyapu jalan.

Menurut Dirut PD Kebersihan Deni Nurdiana saat ini jumlah pegawai PD Kebersihan tercatat 1.600 orang.

"Memang mayoritas pegawai kami gajinya masih di bawah UMK. Di antaranya 600 orang tenaga penyapu dan 200 orang tenaga kru termasuk supir dan administrasi," ujar Direkur Utama PD Kebersihan Kota Bandung, Deni Nurdiana, kepada wartawan, Rabu (6/1/2016).

Maka itu, di tahun 2016 ini, PD Kebersihan Kota Bandung menaikkan dana penyertaan modal hingga Rp 156 miliar dari anggaran yang disetujui tahun lalu sebesar Rp 88 miliar untuk menaikkan gaji para pekerja.

"Untuk menaikkan gaji sebesar UMK saja kita butuh biaya sekitar Rp 30 miliar. Makanya permohonan aloksi dana ke APBD tahun ini naik, menjadi sebesar Rp156 miliar," jelasnya.

Selain untuk meningkatkan gaji pegawai, Deni mengatakan, biaya operasional PD Kebersihan pun meningkat dengan bertambahnya kendaraan operasional.

"Untuk kebutuhan bahan bakar motor dan mobil saha setahun butuh sekitar Rp 2 miliar. Belum untuk tipping fee dan lainnya," tandasnya.

No comments:

Post a Comment