Sunday, January 17, 2016

Ahok: Tempat Duduk Bus Feeder Tidak Nyaman, Ganti yang Ada Sofanya!

Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) resmi meluncurkan bus pengumpan sedang atau feeder yang melayani rute Tanjung Priok-Rusun Marunda hari ini. Ahok tiba dengan menumpangi bus feeder dari kediamannya di Pluit.
Ahok: Tempat Duduk Bus Feeder Tidak Nyaman, Ganti yang Ada Sofanya!
Usai menjajal bus feeder rute Tanjung Priok-Rusun Marunda, Ahok mengungkapkan ketidaknyamanannya. Ia merasa terganggu dengan tempat duduk yang dinilai terlalu keras.

"Saya bilang sama dirut enggak mau bus kayak gini, pantat sakit. Anda harus siapkan bus yang saya suka naiki dan nyaman, baru nanti orang mau pindah. Kalau enggak enak naik bus ya pada pilih naik mobil atau motor," ujar Ahok di Rusun Marunda, Jl Marunda Raya, Jakarta Utara, Minggu (17/1/2016).

"Saya bilang salah mereka desainnya dari dulu, bus segitu kecil enggak mungkin kamu bikin orang hadap-hadapan. Berdiri masa mesti jepit di antara paha, harusnya seperti Metromini dong. Kursi tetap menghadap ke depan, Metromini saja pakai sofa, masa ini enggak pakai sofa? Cuma sejemput sofa kecil, sakit pantat orang naiknya," urainya menceritakan pengalaman naik bus feeder.

Ahok berharap dengan kehadiran bus pengumpan tersebut dapat menarik minat masyarakat beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum. Oleh karenanya dia ingin bus-bus TransJakarta dibuat senyaman mungkin desain tempat duduknya.

"Nah kalau sekarang kan kelas-kelas yang menengah dia mampu beli mobil. Itu terpaksa karena naik bus enggak nyaman. Masa enggak bisa," kata Ahok.

Ahok pun menceritakan pendapat istrinya saat naik bus feeder. Tidak berbeda jauh dengan dirinya, Veronica pun merasa kurang nyaman karena selain kursinya keras juga terlalu dekat jarak berhadap-hadapan dengan penumpang lain.

"Saya ajak naik duduk di depan, dia bilang waduh enggak tahan kalau kayak gini. Dia langsung menghadap belakang. Makanya saya bilang ini harus diubah. Saya sengaja mengajak istri saya naik bus, supaya kita bisa bayangin seolah-olah kita penumpang," sambungnya.

Ahok tiba di Rusun Marunda, Jl Marunda Raya, Jakarta Utara, Minggu (17/1/2016) dengan mengenakan baju batik berlengan panjang sekitar pukul 10.15 WIB. Ahok tampak sumringah turun dari bus feeder. Ia didampingi oleh sang istri Veronica Tan dan Dirut PT Transportasi Budi Kaliwono naik bus feeder.

Di lokasi rusun, ia pun disambut oleh Kadis Perumahan dan Gedung Pemda DKI Ika Lestari Adji, Kadis Kesehatan Kusmedi dan Kadishubtrans DKI Andri Yansyah.

Di sela-sela cara peresmian bus feeder, Ahok dan Veronica sempat makan bersama di Rusun Marunda. Mereka berdua menyicipi masakan yang telah dibuat oleh penghuni rusun.

Mereka menikmati santapannya bersama-sama warga penghuni rusun yang juga ada di lokasi. "Enak loh ini," kata Ahok sambil tersenyum.

No comments:

Post a Comment