Thursday, December 10, 2015

Kalah di Belitung Timur, Adik Ahok: Ini Kegagalan Saya Didik Masyarakat

Pasangan Basuri Tjahaja Purnama-Fezzy Uktolseja kalah di Pilkada Belitung Timur dari pasangan Yuslih Ihza-Burhanudin versi hitung cepat Cyrus Network. Basuri yang merupakan adik Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ini mengaku legawa.

"Ini kegagalan saya didik masyarakat," kata Basuri saat dihubungi detikcom lewat telepon, Kamis (10/12/2015). 

Basuri mengaku menerima jika rakyat menghendakinya lengser dari kursi jabatannya. Dia berharap di tangan Yuslih -- kakak Yusril Izha Mahendra -- warga Belitung Timur semakin sejahtera.

"Kalau rakyat menghendaki, kita harus terima dan semoga Belitung Timur makin maju," imbuh Basuri.

Terlepas dari dirinya legawa kalah, Basuri mengaku terus diserang black campaign jelang pelaksanaan pilkada. Menurutnya, politik uang dan isu SARA di Belitung Timur masih terjadi. Itulah alasan kenapa dia mengatakan telah gagal mendidik masyarakat, khususnya dalam berdemokrasi yang jujur dan bersih.

"Money politics dan SARA merajalela, tapi semua diam. Laporan kita ndak ditanggapi. Beras dibagikan ke mana-mana, SARA disebarkan di rumah-rumah ibadah dan SMS jangan pilih kafir dan kertas black campaign. Laporan panwas tidak diterima. Kita ikhlas saja. Itulah pilihan masyarakat yang pragmatis," ujar sosok petahana ini.

Akankah Anda akan melakukan perlawanan dengan melaporkan kecurangan ini ke Panwaslu Pusat atau ke Mahkamah Konstitusi (MK)?

"Ndak, karena mereka sudah antisipasi. Semua ndak jalan dan masyarakat takut," ucap Basuri. 

Berikut hasil quick count Cyrus Network di Bupati Belitung Timur:

Kabupaten Belitung Timur (data masuk 99,17%):
1. Yuslih Ihza-Burhanudin 51,36%
2. Usmandie Andeska-Musdiyana 17,29%
3. Basuri Tjahaja Purnama-Fezzy Uktolseja 31,35% 

No comments:

Post a Comment