Wednesday, December 30, 2015

Tahun Baru di Situ Babakan, Wali Kota Jaksel: Lestarikan Budaya Betawi

Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) menghapus perayaan tahun baru di pusat kota dan menyerahkannya ke masing-masing kotamadya. Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi mengungkapkan, tahun baru di Jaksel akan digelar di Situ Babakan.

"Tahun baru di Situ Babakan ada acara gambang kromong. Ini baru pertama kalinya kan kita coba," ujar Tri saat berbincang dengan detikcom di sela-sela peresmian RPTRA Bintaro di Jl Permai III Komplek GOR, Pesanggerahan, Jaksel, Rabu (30/12/2015).

Tri menyambut baik perayaan tahun baru di masing-masing wilayah sebagaimana arahan Ahok. Sebab bila difokuskan ke pusat kota seperti Bundaran HI dan Monas, maka tidak jarang meninggalkan kerusakan fasilitas. Adapun Situ Babakan dipilih agar dapat melestarikan budaya Betawi.

Tri berharap gelaran pertama kali seperti ini bisa menarik minat warga sekitar untuk hadir berpartisipasi. Tak hanya sekadar untuk bersenang-senang, tetapi juga sebagai sarana memperkenalkan dan mempromosikan budaya Betawi.

"Kita ingin lestarikan budaya Betawi soalnya, mungkin diawali dengan tausiah," terangnya.

"Saya sendiri hadir," imbuh Tri.

Meski difokuskan di Situ Babakan, namun Tri menyebut kemungkinan setiap kecamatan juga memiliki acara masing-masing. "Mungkin kalau kecamatan ada organ tunggal ya," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment