Wednesday, December 23, 2015

Hari ini 115 Kopaja 'Biru' TransJ Mulai Beroperasi

Hari ini 115 Kopaja Biru TransJ Mulai Beroperasi

Mulai hari ini Kopaja terintegrasi TransJakarta mengaspal di jalanan Ibu Kota. Ada 115 unit yang dinyatakan siap jalan.

"115 hari ini yang siap jalan. Saya belum tahu rute mana saja (yang dioperasikan), karena TransJ yang atur rutenya," ujar Ketua Kopaja Nanang Basuki saat dihubungi Rabu (23/12/2015).

PT Transportasi Jakarta dan Kopaja meresmikan 320 unit bus baru Kopaja terintegrasi TransJ pada Selasa (22/12). Direktur Utama PT TransJakarta Antonius Kosasih menyebut Kopaja baru ini sudah lulus uji KIR.

Bus Kopaja Transjakarta/ Foto: Rengga Sancaya-detikcom
Bus yang dilengkapi GPS ini semuanya bercat biru dan putih bertuliskan Transjakarta. Penumpang membayar Rp 3.500 untuk menaiki Kopaja ini. 

Bus ini akan dioperasikan pada 5 usulan rute yakni:

1. Rute Monas - Pantai Indah Kapuk 30 unit bus
2. Rute Ragunan - Monas 50 unit bus
3. Ragunan - Dukuh Atas 50 unit bus
4. Lebak Bulus - Senen (via Stasiun Cikini) 80 unit bus
5. Blok M - Manggarai (via Stasiun Manggarai) 40 unit bus
6. Rute lain yang masih dibicarakan 70 unit bus

Sopir Kopaja AC ini akan terbagi dalam dua shift dengan upah yang diklaim dua kali UMP. "Totalnya sekitar enam jutaan lah," kata Nanang. 

PT TransJakarta dan Kopaja meresmikan 320 unit Kopaja terintegrasi. Selain memberikan kejelasan terhadap trayek jalan, sopir Kopaja tersebut akan menerima gaji bulanan setara 2 kali Upah Minimum Provinsi (UMP). Namun untuk menjadi sopir Kopaja tersebut, tentu ada syarat yang harus dipenuhi.

"Jadi siapapun bebas melamar. Cuma kita pasti seleksi dengan ketat," ujar Direktur Kopaja, Nanang Basuki saat dihubungi detikcom, Selasa (22/12/2015).

Persyaratan tersebut antara lain melalui sejumlah tes dan wawancara. "Yang pasti mereka harus punya SIM B1, umur calon sopir minimal 21 tahun dan sudah punya pengalaman mengemudikan kendaraan roda empat," jelasnya.

"Ketika lulus pesyaratan nanti kita tes, baru diinterview. Kalau bagus, nanti akan ada psikotes dan nantinya ada pembekalan," kata Nanang.

Untuk beberapa sopir yang telah lulus pembekalan, saat ini sudah dapat mengoperasikan Kopaja. Jam kerjanya juga diatur.

"Satu bus dalam sehari nanti akan dikemudikan oleh 2 sopir. Jam kerjanya seperti bus TransJakarta terbagi antara 2 shift," kata dia.

Menurutnya penetapan tersebut mendapat reaksi positif dari para sopir. Selain mengurangi jam kerja, Kopaja tersebut juga tak perlu berebut penumpang dan trayek.

"Pastinya mereka lebih senang karena jam kerja dan penghasilan per bulan lebih jelas," kata Nanang.

Setelah beroperasi, Kopaja selaku operator akan menerima pembayaran rupiah per kilometer dari TransJakarta. Tarif yang dibayarkan sebesar Rp 10.350 per kilometer.

"Rp 10.350 per kilometer itu sesuai dengan yang ada di LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah). Hitungan rupiah per kilometernya itu dari e-katalog," jelas dia.

Armada yang diresmikan terdiri dari 320 unit bus sedang dan 31 unit bus gandeng. Semuanya bercat biru dan putih bertuliskan Transjakarta. Bus tersebut akan dioperasikan pada 5 usulan rute yang telah disiapkan yaitu:

1. Rute Monas - Pantai Indah Kapuk 30 unit bus
2. Rute Ragunan - Monas 50 unit bus
3. Ragunan - Dukuh Atas 50 unit bus
4. Lebak Bulus - Senen (via Stasiun Cikini) 80 unit bus
5. Blok M - Manggarai (via Stasiun Manggarai) 40 unit bus
6. Rute lain yang masih dibicarakan 70 unit bus

No comments:

Post a Comment