Monday, December 28, 2015

Bakal Bertahun Baru di Ancol Bareng Ahok, Wagub Djarot Pastikan Semua Aman

 Gubernur DKI Basuki T Purnama (Ahok) bersama dengan Wagub Djarot Saiful Hidayat akan merayakan pergantian tahun pada 31 Desember malam di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Djarot memeriksa kesiapan pengamanan tahun baru dan memastikan semua persiapan aman.

"Kita ingin semuanya perayaan berlangsung dengan aman, nyaman dan tertib, serta tanpa mengurangi kewaspadaan bersama. Ancaman, gangguan, serta antisipasi arus lalu lintas harus diatasi bersama-sama," ucap Djarot saat memberi sambutan di acara Simulasi Pengamanan Malam Tahun Baru 2016 di Ecovention Hall Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Senin (28/12/2015). Hadir di acara ini Kapolda Metro Irjen Pol Tito Karnavian, Kapolsek Pademangan Kompol Andi Baso dan polisi pasukan pengawal pengamanan.

Djarot mengatakan ada beberapa hal yang menjadi perhatian terkait perayaan pergantian tahun ini, yakni jumlah pengunjung Ancol yang diprediksi mencapai lebih dari 200.000 dan 10.000 kendaraan. Jumlah yang besar ini karena adanya pesta kembang api dan konser musik yang menampilkan artis-artis papan atas.

"Pastikan semua kendaraan bisa dideteksi melalui metal detector di setiap pintu masuk. Mungkin sistem pemeriksaan akan random atau pun semua sekaligus. Saya harap juga Pak Kapolda mempersiapkan anjing pelacak agar bisa terdeteksi semua di sini," ucap Djarot.

Selain itu Djarot meminta agar setiap bus Wara-wiri yang disediakan pengelola Ancol dijaga oleh aparat Brimob. Hal ini agar pengunjung bisa tertib naik turun bus dan petugas juga dibekali alat komunikasi untuk berkoordinasi dengan sesama petugas.

"Sekitar 145 bus Wara-wiri dapat mengangkut pengunjung dari lokasi parkir ke panggung-panggung utama. Setiap bus, saya harap ya Pak Kapolda ada petugas Brimob yang melakukan pengawasan di setiap bus-bus Wara-wiri yang ada," kata Djarot.

Djarot mengatakan Gubernur Ahok akan melewati rute dari rumahnya di Pluit melalui jalur laut lalu transit ke Bandar Djakarta untuk menghadiri acara puncak yang dibagi menjadi dua, yakni di sisi Pantai Karnaval dihadiri Gubernur Ahok sementara di Pantai Festival dihadiri Wagub Djarot. Kedua lokasi itu juga diminta dilakukan pengamanan maksimal.

"1.200 Personel Satpol PP dengan 20 personel back-up suudah dibentuk untuk mengamankan daerah vital dan rawan di Kawasan Ancol. Sebab, nanti kan ada dua panggung musik besar, baik di Pantai Karnaval dan Pantai Festival Ancol, di situ juga akan dikerahkan untuk melakukan pengamanan. Selain itu, petugas kesehatan, damkar hingga toilet mobile juga telah kita siapkan," jelas Djarot. 

No comments:

Post a Comment