Wednesday, December 30, 2015

Resmikan taman, Ahok minta camat sampai ketua RT jadi estate manager

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama hari ini secara maraton meresmikan dua Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Jakarta dalam waktu yang berdekatan. Pria yang akrab disapa Ahok ini didampingi isteri, Veronica Tan meresmikan RPTRA Bintaro di Kelurahan Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan sekira pukul 08.30 WIB.

Setelah itu, RPTRA kedua yang diresmikam Ahok, yakni RPTRA Karet Tengsin di Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat sekitar pukul 10.00 WIB.

Kedua RPTRA ini dibangun atas bantuan dari Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan pengembang di Jakarta. Adapun untuk pembangunan RPTRA Bintaro, dibangun oleh PT Ciputra Group, sementara untuk RPTRA Karet Tengsin dibangun oleh PT Intiland.

Dalam sambutannya, Ahok memberikan pesan yang hampir serupa yakni agar taman terpadu yang dibangun oleh DKI dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul bagi warga. Ia juga berharap agar RPTRA ini dapat menjadi wadah bagi komunitas untuk lebih peduli dan dekat dengan lingkungan sekitar.

"Kalau berkumpul, bapak ibu tahu kesulitan tetangganya. Setelah tahu masalah, bisa laporkan ke camat, lurah, Ketua RT, Ketua RW. Saya sudah instruksikan pejabat wilayah untuk berperan seperti estate manager. Saya tidak ingin ada anak putus sekolah, ada orang tua sakit, ada ibu alami kekerasan, dibiarkan tanpa ada penanganan," ujar Ahok di RPTRA Karet Tengsin, Jakarta Pusat, Rabu, (30/12).

"Semakin banyak tempat kumpul kita jadi saling kenal sesama tetangga. Kalau tetangga ada masalah ketahuan nih kenapa dia enggak datang. Lebaran saja masih suka susah ketemu, kalau ini bisa tiap sore orang ngumpul," lanjutnya.

Kedua RPTRA ini diketahui dilengkapi dengan sarana bermain, taman, sarana olahraga, dan perpustakaan. Selain itu, untuk pengelolaan dan perawatan akan diserahkan pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) DKI.

Seperti diketahui, RPTRA Bintaro dan Karet Tengsin adalah RPTRA kesembilan dan kesepuluh yang diresmikan DKI di tahun 2015. Pemprov DKI Jakarta telah mulai membangun 63 RPTRA pada 2015. Sementara di tahun mendatang, sebanyak 150 RPTRA direncanakan terbangun di Jakarta.

No comments:

Post a Comment