Wednesday, December 23, 2015

Jokowi Minta Pengeboran MRT di Sudirman Selesai Akhir 2016

Jokowi Minta Pengeboran MRT di Sudirman Selesai Akhir 2016

Presiden Jokowi pagi ini memantau pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) di lokasi Stasiun MRT Senayan, Jakarta Selatan, yang berada di bawah tanah. Ia meminta pengeboran MRT di kawasan Sudirman bisa selesai sesuai target, yakni akhir 2016. 

"Kita bisa lihat pagi ini stasiun Senayan kita lihat di bawah tanah luasnya seperti ini kita harap stasiun lainnya segera diselesaikan. Tiap hari bor ini bisa lakukan pengeboran antara 8-12 meter per hari kira-kira. Nantinya pengeboran selesai pada tahun 2016 akhir seluruhnya," kata Jokowi usai peninjauan, Rabu (23/12/2015).

Pihak PT MRT Jakarta sendiri memang sudah menargetkan pengeboran MRT di kawasan Sudirman bisa selesai pada Desember 2016. Setidaknya ada 6 Stasiun MRT yang berada di bawah tanah yakni Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas dan Bundaran HI. Pembangunan stasiun MRT di bawah tanah Senayan ini menjadi bagian dari MRT yang melayani rute Lebak Bulus-Bundaran HI. 
Suasana di dalam proyek bawah tanah MRT Senayan
Ia menyatakan pembangunan transportasi bawah tanah menjadi solusi kota besar yang memiliki tanah terbatas namun memerlukan transportasi massal yang baik. "Kota-kota besar yang memerlukan transportasi massal, tapi ruang di atas tanah enggak mungkin, ya bawah tanah," sambung mantan Gubernur DKI ini.

Ia  mengaku terus memantau pembangunan ini meski sebenarnya menjadi tanggung jawab Pemprov DKI. Pendanaan proyek ini kerjasama pemerintah pusat, Pemprov DKI dan didukung oleh pemerintah Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA). Rencananya MRT rute ini akan dioperasikan 2018. 

1 comment:

  1. Keren.

    Saya juga menulis tentang papua pas hut RI ke 74 barusan. Seberapa Indonesia Kita?. Makasih 🙏🙏

    ReplyDelete