Tuesday, December 1, 2015

Jokowi Optimistis Negara Maju Bantu RI Perbaiki Upaya Perubahan Iklim

Pertemuan antar pemimpin negara di Conference of Parties (COP) 21 atau KTT perubahan iklim di Paris, Prancis telah rampung. Presiden Jokowi optimistis negara maju akan membantu negara berkembang seperti Indonesia dalam memperbaiki upaya perubahan iklim.

"Kalau dilihat dari pembicaraan bilateral-bilateral akan banyak yang akan bantu kita. Menangani berkaitan lingkungan misalnya energi terbarukan, restorasi lahan gambut, masalah konservasi di hutan. Saya kira saya optimis," ujar Presiden Jokowi di Hotel Westin Paris sebelum kembali ke Tanah Air, Selasa (1/12/2015).

Jokowi kembali menegaskan kehadiran Indonesia di forum tersebut untuk memberi dukungan politik yang kuat untuk COP21. Dukungan politik yang kuat, artinya Indonesia dalam setiap pembangunan akan selalu berdampingan dengan konsep lingkungan.

"Jadi jangan sampai pertumbuhan ekonominya tinggi, lingkungannya ditinggal. Dua-duanya harus berjalan dengan seimbang," ungkapnya.

Terkait lembaga restorasi gambut, Jokowi berjanji akan segera merampungkan peraturan pemerintah (PP) dalam sepekan ini. Jokowi menepis isu lembaga tersebut nantinya akan dipimpin oleh Kuntoro Mangkusubroto.

"Minggu depan kita selesaikan. (Kuntoro) Belum, belum banyak kandidatnya," pungkasnya. 

No comments:

Post a Comment