Friday, December 18, 2015

Jokowi Ingin Pimpinan KPK Jilid IV Dilantik Pekan Depan

 Presiden Joko Widodo ingin lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang telah disetujui DPR segera dilantik.
Saat ini pemerintah tengah berkoordinasi dengan pimpinan dan Sekretariat Jenderal DPR agar pelantikan tersebut dapat digelar pada pekan depan.
"Presiden harapkan meminta agar pimpinan KPK ini bisa segera dilantik," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (18/12/2015).
Pramono mengungkapkan, dirinya langsung berkomunikasi dengan DPR untuk memastikan surat persetujuan terhadap lima pimpinan KPK jilid IV itu segera disampaikan kepada pemerintah. (Baca: Jokowi: Usaha Melemahkan KPK Ada sejak Dulu)
"Kalau suratnya hari ini atau besok masuk, maka pimpinan KPK insya Allah dilantik Senin," ucap Pramono.
Anggota Komisi III DPR melakukan voting untuk memilih pimpinan KPK setelah upaya musyawarah mufakat tidak tercapai. (Baca: Meski Kecewa, Pegawai KPK Siap Kawal Pimpinan Baru)
Voting diikuti oleh 54 anggota komisi bidang hukum itu dari lintas fraksi. Hasilnya, pimpinan KPK terpilih adalah Agus Rahardjo (53 suara), Basaria Panjaitan (51 suara), Alexander Marwata (46 suara), Laode Muhammad Syarif (37 suara), dan Saut Situmorang (37 suara).
Agus Rahardjo pun terpilih menjadi ketua baru KPK periode 2015-2019, berdasarkan hasil voting(Baca: Tak Pilih Calon dari KPK, DPR Dianggap Balas Dendam)
Sampai pelantikan pimpinan baru tersebut, KPK dipimpin tiga pelaksana tugas pimpinan, yakni Johan Budi, Taufiqurahman Ruki, dan Indriyanto Seno Adji.

No comments:

Post a Comment