Wednesday, December 16, 2015

Hadiri Rapim TNI, Jokowi Bicara Soal Perubahan Politik dan Ekonomi Global

Presiden Joko Widodo menghadiri rapat pimpinan TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Dalam rapat tersebut Jokowi memberikan pengarahan kepada TNI untuk mengikuti dinamika global saat ini.

Acara rapim digelar di Aula Gatot Subroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (16/12/2015). Jokowi terlihat mengenakan setelan jas warna hitam dan sudah tiba sekitar pukul 09.10 WIB. Hadir mendampingi Presiden Jokowi yakni Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan, Kepala Staf Presiden Teten Masduki, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Kegiatan ini dhadiri oleh 182 perwira tinggi TNI.

Di depan para pimpinan TNI, Jokowi mengatakan saat ini Indonesia menghadapi tantangan baru.

"Saat ini kita menghadapi tantangan-tantangan baru pasca perang dingin. Konstelasi politik dan ekonomi berubah sangat cepat, dan hal ini mau enggak mau harus diikuti," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, gelombang free trade area terjadi sangat cepat dan membawa perubahan-perubahan di setiap negara.

"Kawasan Asia timur yang pelabuhannya bagus akan menjadi pasar dan basis produksi bagi negara-negara yang siap," katanya.

Jokowi mengatakan, saat ini blok-blok perdagangan sudah dimulai, salah satunya yakni Masyarakat Ekonomi ASEAN yang akan dimulai awal 2016 mendatang. Jokowi menegaskan, semua blok-blok itu harus dikaji dulu sebelum bergabung.

"Semuanya harus dihitung, apa yang menguntungkan dan tidak. Hitungannya harus detail," kata Jokowi. 

No comments:

Post a Comment