Sunday, June 1, 2014

Usulan Tema Debat Jokowi Vs Prabowo dari Ahok

Ahok.Org – Pada kandidat capres dan cawapres, Jokowi-JK dan Prabowo-Hatta akan dipertemukan dalam ajang debat yang digelar KPU sebanyak 5 kali pada Juni nanti. Debat ini juga akan disiarkan sejumlah stasiun televisi swasta. Acara debat ini bakal dimulai oleh pertemuan kedua kandidat capres, Joko Widodo atau Jokowi versus Prabowo Subianto. 
Wakil Gubernur DKI Jakarta yang merupakan partner kerja Jokowi sekaligus kader partai besutan Prabowo, yakni Gerindra, mengusulkan 1 tema menarik untuk debat perdana tersebut. Pria yang karib disapa Ahok itu menilai, bahasan yang paling mendesak untuk diperdebatkan, yakni soal pemanfaatan sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM).
“Kontrak kita yang akan selesai di 10 tahun ke depan ini, kontrak karya, migas, berani nggak kita renegosiasi untuk keuntungan kita, atau kita ambil alih? Itu lebih penting,” ucap Ahok di Balaikota Jakarta, Jumat (30/5/2014).
Menurutnya, nantinya akan terlihat siapa pihak yang berani mengambil sikap renegosiasi kontrak antara Indonesia dengan perusahaan-perusahaan tambang dan energi dari luar negeri. Pasalnya, perusahaan seperti Freeport dan Newmont selama ini dinilai memonopoli SDA dan SDM Indonesia.
Kemudian, lanjut dia, kedua capres dalam debat tersebut nantinya juga harus mampu menunjukkan konsistensi mereka dalam pengawasan seluruh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) setiap provinsi dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dengan menggunakan sistem e-budgeting dan pengadaan barang melalui Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).
“Terus yang kedua, berani nggak presiden itu, menuntut semua APBD APBN itu harus dipotong harga sesungguhnya. Gunakan e-budgeting dan beli di LKPP,” ujarnya.
“Itu lebih penting kan. Yang lebih penting lagi pembuktian terbalik harta seluruh pejabat. Ke depannya harus berani,” pungkas Ahok. [Liputan6.com]

No comments:

Post a Comment