Monday, June 30, 2014

Transjakarta Malam Hari Tambah Jumlah Bus

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini, Senin (30/6/2014), layanan transjakarta angkutan malam hari (Amari) genap sebulan melayani warga ibu kota. Demi meningkatkan pelayanan, pihak pengelola berencana meningkatkan jumlah bus dalam waktu dekat. 

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Muhammad Akbar, jumlah bus yang akan ditambah adalah sebanyak 80 unit. Saat ini, layanan Amari baru terdiri atas 20 unit.

"Sekarang kan baru 20 bus di tiga koridor. Rencananya nantinya akan ada tambahan 80 bus yang  merupakan bus hasil rekondisi dari bus koridor I yang lama," kata Akbar di Balaikota Jakarta, Senin (30/6/2014). 

Meskipun jumlah bus bertambah, namun Akbar memastikan layanan Amari tidak akan menambah jumlah koridor. Koridor yang akan dilayani masih tetap seperti sebelumnya, yakni Koridor I (Blok M-Kota); Koridor III (Kalideres-Harmoni); dan Koridor IX (Pluit-Pinang Ranti). 

Untuk tahap awal, operasional bus transjakarta Amari diterapkan di tiga koridor. Namun, bus tidak akan berhenti di semua halte di koridor tersebut. Pengelola hanya mengoperasikan halte dengan jumlah penumpang banyak dan lokasinya dekat dengan keramaian. 

Pada jalur Koridor I, bus hanya berhenti di Halte Blok M, Bundaran Senayan, Bendungan Hilir, Karet, Dukuh Atas 1, Tosari, Sarinah, Harmoni, Mangga Besar, dan Kota. 

Di Koridor III, bus hanya berhenti di Halte Sumber Waras, Grogol 1, Grogol 2, Central Park, Jelambar, Indosiar, Jembatan Gantung, Jembatan Baru, Rawa Buaya, Pesakih, dan Kalideres. 

Di Koridor IX, bus berhenti di Halte PGC 2, Cawang UKI, BNN, Cawang Ciliwung, Pancoran Tugu, Kuningan Barat, Jamsostek Gatot Subroto, Semanggi, Slipi Petamburan, Kemanggisan, RS Harapan Kita, Penjaringan, dan Pluit.

No comments:

Post a Comment