Wednesday, January 6, 2016

Perpanjang Jalur Busway, Ahok Kerja Sama dengan Daerah Penyangga Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) berkoordinasi dengan Badan Kerja Sama Pemerintahan (BKSP) untuk membangun kawasan regional bersama, yakni Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi Cianjur (Jabodetabekjur). Kerja sama ini termasuk soal rencana penambahan jalur busway di luar perbatasan Jakarta. 

"Konkretnya termasuk soal pelebaran jalan dan jaringan jalan Bekasi, Tangerang, Depok," kata Kepala Sekretariat BKSP Didi Sunardi di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (6/1/2016).

Didi berbicara usai rapat bersama Ahok. Ahok yang berada di samping Didi menambahkan, rencana ini nantinya termasuk perluasan jalur busway.

Anggaran akan ditanggung bersama tiga provinsi, yakni DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Didi menjelaskan, sudah ada kesepakatan soal pembangunan pelebaran jaringan busway. Proyek akan dimulai tahun ini juga.

"2016 sudah ada kesepakatan tadi. Mudah-mudahan Juni-Juli sudah terbangun. Pelebaran jaringan jalan perbatasan DKI, Jawa Barat, dan Banten," kata Didi.

Ahok menambahkan, dia ingin warga Tangerang, Bekasi, atau Depok bisa masuk Jakarta menggunakan bus TransJakarta dengan tarif lebih murah, yakni Rp 3.500. Bila mahal, maka masyarakat tak akan berhenti membeli atau mengambil kredit sepeda motor.

"Saya ingin dari Banten, Depok, dan semua Jabodetabek ini, cuma Bogor belum, semua harus dikuasai dengan TransJakarta, sehingga orang akan diutungkan. Atau kita kasih bantuan kepada daerah mitra, tergantung dia mau siapa mana yang duluan," tutur Ahok.

Selain masalah transportasi, kerja sama juga termasuk untuk mengelola sampah hingga membangun waduk Ciawi. Kementerian Pekerjaan Umum (PU) juga akan berperan dalam proyek itu. 

No comments:

Post a Comment