Friday, January 8, 2016

Ini Alasan Megawati Hadiri Pelantikan Kepala Lemsaneg di Istana Negara

Ini Alasan Megawati Hadiri Pelantikan Kepala Lemsaneg di Istana Negara

Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri hadir dalam acara pelantikan Djoko Setiadi menjadi Kepala Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg). Kenapa Megawati hadir?

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan alasan kehadiran Megawati ke acara pelantikan itu karena Lemsaneg merupakan bagian dari sejarah yang ditorehkan oleh Presiden RI Pertama Soekarno, ayah Megawati.

Dikatakan Pramono, pada saat pemerintahan Soekarno, Lemsaneg berada langsung di bawah Presiden. Namun kedudukannya kemudian berubah.

"Kehadiran Ibu Megawati karena Lemsaneg yang sekarang itu kembali kepada ketika Lemsaneg didirikan oleh Bung Karno. Lemsaneg itu mengalami perubahan pada tahun 1972. Dulu Lemsaneg itu sepenuhnya di bawah Presiden, tetapi pada tahun 1972 di bawah Kementerian Pertahanan dan akhirnya di bawah Panglima TNI," jelas Pramono Anung di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Jumat (8/1/2016).

Pramono mengatakan, kini Lemsaneg dikembalikan posisinya langsung di bawah Presiden. Hal ini ditetapkan dengan Surat Keputusan Presiden No 36/TPA Tahun 2015 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Lembaga Sandi Negara.

"Nah, sekarang ini Lemsaneg dikembalikan pada fungsi utamanya. Bahwa Lemsaneg fungsi utama ketika didirikan Lemsaneg akan bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Namanya saja Lembaga Sandi Negara, maka negara sebagai kepala negara, Presiden akan mendapatkan report dari hal tersebut, sehingga semua yang berkaitan dengan hal tersebut termasuk nanti ke depan kalau ada cyber media, maka smuanya akan disatukan di bawah Presiden," jelas Pramono.

"Kenapa kemudian dilantik di Istana oleh Presiden. Sejak tahun 1972 biasanya kan yang melantik Menhan, sekarang dilantik Presiden karena ada Perpres baru yang mengatur itu. Dan ini baru pertama kali. Dan walau Pak Djoko dulu Mayor Jenderal Purnawirawan, sekarang ini sudah sipil pertanggal 31 Desember kemarin. Maka dengan demikain fungsi Lemsaneg dikembalikan seperti pada saat dididirkan oleh founding father. maka kenapa kemudian Ibu Megawati hadir dalam acara tersebut," tambah Pramono. 

No comments:

Post a Comment