Thursday, October 2, 2014

Bangkai pesawat MH370 akan ditemukan beberapa hari lagi

Merdeka.com - Sejak hilang 8 Maret lalu pencarian pesawatMalaysia Airlines MH370 terus berlangsung.

Sejumlah peralatan canggih akan dipakai buat menemukan bangkaipesawat berpenumpang 239 orang itu di sebelah barat pesisir Australia di Samudera Hindia.

Para ahli meyakini pesawat MH370 jatuh di suatu lokasi di wilayah itu setelah berbalik arah dari rute seharusnya menuju Beijing, seperti dilansir surat kabar the Daily Mail, Kamis (2/10).

Sejumlah pesawat dan kapal pencari sudah dikerahkan ke wilayah itu namun hingga kini hasilnya masih nihil.

Kapal bernama GO Phoenix, kapal pertama yang disewa untuk menjalankan pencarian di bawah laut, baru berangkat dari Jakarta lebih dari sepekan lalu.

Kepala tim pencari dari Australia Martin Dolan mengatakan kapal itu akan tiba Ahad mendatang.

"Setelah kapal itu datang maka mereka akan mengerahkan sonar bawah laut lewat kabel sangat panjang, delapan kilometer. Sonar itu akan mendekati dasar samudera hingga seratus meter," kata dia.

"Setelah mengirimkan sinyal sonar dari penjelajahan selebar sekitar 1,5 kilometer maka kabel itu akan ditarik dan kru kapal akan menganalisa hasil yang didapat."

Babak baru dalam proses pencarian MH370 ini berlangsung setelah berbulan-bulan pencarian. 

Wilayah pencarian di selatan Samudera Hindia itu mencakup kawasan seluas 60 ribu kilometer persegi, hampir seluas Kroasia, di sekitar 1.800 kilometer dari pesisir Australia.

Pencarian gabungan dari tim Malaysia dan Australia ini akan menelan biaya senilai Rp 691 miliar.

No comments:

Post a Comment