Friday, October 31, 2014

Proyek Pintu Air Manggarai Dikebut Sambut Musim Hujan

Kompas.com/Robertus BelarminusPintu air Manggarai tambahan, tengah dalam proses pengerjaan. Jika rampung, Pintu Air di sana akan berjumlah tiga buah dari dua pintu lama yang sudah beroperasi. Jumat (31/10/2014).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengerjaan Pintu Air Manggarai, di Setia Budi, Jakarta Selatan, ditargetkan rampung pada akhir tahun ini. Pintu air baru ini merupakan tambahan dari pintu air yang sudah ada sebelumnya, dalam rangka pengendalian banjir. 

Menjelang musim penghujan, pengerjaan pintu air tersebut tengah dikebut. Ditargetkan, Desember 2014, pintu air tambahan itu dapat dioperasikan menjadi pintu air yang ketiga. Saat ini, terdapat dua pintu air yang sudah beroperasi. 

"Ini daun pintu air baru yang sedang kita kerjakan. Ini dalam rangka persiapan banjir. Diusahakan akhir tahun ini selesai sebelum musim hujan," kata Parjito, pelaksana lapangan dari PT Jaya Konstruksi, kepada Kompas.com, di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (31/10/2014). 

Parjito mengatakan, selain pengerjaan pintu air baru, perbaikan jalan juga dilakukan bersamaan. Jalan tersebut adalah Jalan Tambak, yang merupakan rute dari arah Terminal Manggarai menuju arah Jakarta Timur atau Jakarta Pusat. Selama pengerjaan pintu air baru, jalan tersebut sementara ditutup. Jika pintu air tersebut rampung, jalan itu juga akan dibuka kembali. 

"Nanti akan difungsikan kembali, kita kembalikan akses jalannya. Karena aslinya di sini kan ada jalan," ujar Parjito. 

Parjito melanjutkan, saat ini proses pengerjaan sudah mencapai 85 persen. Sebanyak 50 pekerja, kata dia, dipekerjakan untuk proyek tersebut.

No comments:

Post a Comment