Monday, October 27, 2014

Begini Gaya Presiden Jokowi Sebelum Beri Pengarahan pada Para Menteri 'Kabinet Kerja'

Jakarta - Presiden Joko Widodo telah mengumumkan 34 nama menteri yang tergabung dalam 'Kabinet Kerja' di halaman Istana Negara, Jakarta. Jokowi menyebut telah menyeleksi para menterinya secara tepat dan akurat dengan banyak pertimbangan.

Pengumuman menteri itu dilakukan sekitar pukul 17.30 WIB di halaman depan Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Minggu (26/10/2014). Para menteri pun diperkenalkan satu per satu oleh Jokowi dengan cara dipanggil dan bahkan ada pula yang disuruh berlari.

Sebelum pengumuman itu dilakukan, Jokowi telah memberikan sedikit pengarahan kepada 34 menteri tersebut. Di salah satu sudut Istana Negara, Jokowi terlihat berbicara di depan mikrofon didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla yang karib disapa JK itu.

Jokowi terlihat memegang selembar kertas di tangan kirinya ketika memberikan pengarahan. Jokowi mengenakan kemeja putih dengan lengan yang digulung. Pun dengan JK serta para menteri yang memang diminta untuk memakai kemeja warna putih.

Para menteri pun terlihat menyimak dengan serius apa yang disampaikan oleh Jokowi. Terlihat para menteri 'Kabinet Kerja' itu membentuk lingkaran dan menghadap ke arah Jokowi dan JK.

Tak lama kemudian, Jokowi dan JK menuju ke lokasi pengumuman di halaman depan Istana Negara. Usai ke-34 nama menteri itu diumumkan, Jokowi dan JK langsung mempersilakan para awak media untuk bertanya langsung kepada para menterinya.

Namun, Jokowi belum mengungkapkan nama Jaksa Agung dan Kepala Badan Intelijen Negara. Eks Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto mengatakan nama-nama itu sudah ada, hanya saja belum diumumkan

"Belum, segera. Namanya sudah ada, nanti akan segera diumumkan," kata Andi di Istana Negara, di waktu yang sama.

Jaksa Agung saat ini memang lowong. Basrief Arief saat kabinet SBY demisioner juga ikut pensiun. Saat ini Jaksa Agung dijabat Plt Andi Nirwanto. Belum diketahui siapa yang akan ditunjuk Jokowi walau kabarnya nama kuat yakni Kepala PPATK M Yusuf yang juga seorang jaksa.

Kepala BIN juga demikian, biasanya memang satu kesatuan dalam kabinet. Namun beberapa waktu lalu, Jokowi masih memanggil Marciano Norman sebagai Kepala BIN ke Istana. Kabarnya Jokowi akan memilih nama baru, disebut-sebut As'ad Ali yang juga Waketum PBNU dan dahulu pernah menjadi Waka BIN.

Belum diketahui kapan waktu pasti Jokowi akan mengumumkan nama Jaksa Agung dan Kepala BIN. Yang jelas, rencananya ke-34 menteri itu akan dilantik di Istana Negara pada Senin (27/10) siang. Sesudah itu, Jokowi akan memimpin langsung sidang kabinet perdananya bersama para menteri itu di Istana.

No comments:

Post a Comment