Monday, October 27, 2014

Basuki Soal Upaya Penanganan Banjir

Ahok.Org – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama mengakui bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum siap menghadapi musim hujan. Menurut dia, segala program penanggulangan banjir yang telah dilakukan DKI belum sempurna.
“Ya memang persiapannya tidak sesuai target,” kata Basuki, di Balaikota, Jumat (24/10/2014).
Hal itu disebabkan masih banyaknya tender untuk pembangunan sheet pile (dinding turap) yang belum selesai dibangun. Sementara itu, sungai tidak dapat dikeruk jika dinding turap untuk menahan tanah belum dipasang.
Tak hanya terkendala pembangunan dinding turap, kata dia, Dinas Pekerjaan Umum juga masih menerapkan sistem tender pengadaan alat berat seperti crane.
Padahal, lanjut dia, Dinas PU tidak perlu lagi membuang waktu dan biaya hanya untuk proses lelang tender, tetapi mengalihkan pengadaan melalui e-catalog. Dengan demikian, alat berat langsung dapat dibeli, tidak perlu menunggu pemenang perusahaan tender membeli alat berat tersebut.
“Dinas PU ini masih ngotot terus sama saya mau tender. Saya katakan, pengadaan barang dimasukkan ke e-catalog saja sekalian sheet pile-nya juga. Mereka maunya tender melulu, ada komisinya kali,” kata Basuki. [Kompas.com]

No comments:

Post a Comment