Monday, October 27, 2014

Puan Maharani, Si Putri Mahkota yang Jadi Menko Pembangunan Manusia

Jakarta - Presiden Joko Widodo menunjuk Puan Maharani menjadi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Kabinet Kerja. Puan saat ini menjabat sebagai Ketua DPP PDIP dan Ketua Fraksi PDIP di DPR.

Darah politik sudah mengalir turun temurun hingga ke Puan. Ia adalah cucu dari Presiden RI pertama Soekarno dan anak dari Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri. Sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama, Puan sudah menyaksikan kiprah sang ibu sebagai politikus.

Puan lahir 41 tahun silam di Jakarta, tepatnya pada tanggal 6 September 1973. Ia mengenyam pendidikan di Universitas Indonesia dan memegang gelar sarjana di bidang Ilmu Komunikasi.

Karir politiknya dimulai dengan menjadi anggota DPP KNPI Bidang Luar Negeri. Puan kemudian menjadi anggota DPR RI pada periode 2009-2014 dan terpilih kembali saat Pileg 2014.

Baik di Pileg 2009 maupun Pileg 2014, Puan memperoleh suara yang jumlahnya fantastis dan sama-sama menduduki posisi kedua di perolehan suara terbanyak. Di Pileg 2009, ia mendapat 242.504 suara sementara saat Pileg 2014, Puan memperoleh 369.927 suara.

Di DPR periode 2009-2014, istri Happy Hapsoro ini awalnya menjadi anggota Komisi VI DPR yang mengawasi BUMN, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, serta anggota badan kelengkapan dewan BKSAP (Badan Kerjasama Antar Parlemen).

Puan kemudian masuk ke Komisi I menggantikan posisi Tjahjo Kumolo. Ia juga menjabat sebagai Ketua Fraksi PDIP di DPR. Jabatan ketua Fraksi ini ia pertahankan di periode 2014-2019.

Pada Pemilu 2014, putri almarhum Taufiq Kiemas ini dipercaya untuk menjadi Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDIP. Ia memimpin kampanye partai berlambang banteng moncong putih ini hingga PDIP memperoleh suara terbanyak di Pilpres.

No comments:

Post a Comment