Friday, October 10, 2014

"Ahok itu Anak Hoki..."

Kompas.com/Kurnia Sari AzizaWakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama bersama Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budhiman saat konferensi pers Jakarta Cosplay Parade, Jumat (10/10/2014).Sent from Samsung Mobile

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama lebih memilih mengenakan baju koko sadariah ketika berkumpul bersama komunitas cosplay. Ketika mendapat undangan untuk memberikan sambutan dalam acara konferensi pers Jakarta "Cosplay Parade 2014", Basuki sempat berpikir untuk memakai kostum Batman, pahlawan idolanya.

"Tadinya saya mau pakai kostum Batman, tetapi enggak jadi deh jangan pakai kostum pahlawan asing. Masak pakai kostum Batman? Ya sudah aslinya saya saja, pakai baju (sadariah) ini, karena Ahok itu Anak Hoki, ketiban pulung jadi Gubernur," kata Basuki, di Balaikota, Jumat (10/10/2014).

Pria yang karib disapa Ahok itu mengatakan, Jakarta merupakan tempat berkumpul para orang kreatif. Sehingga, lanjut dia, warga harus lebih berimajinasi dan kreatif dalam menciptakan berbagai karakter cerita. Kata dia, jangan seperti cerita "Upin Ipin" yang merupakan hasil kreativitas orang Indonesia, namun Indonesia justru membeli hak cipta dari Malaysia. 

"Pas saya kecil, saya suka dengan tokoh Unyil dan Pak Raden. Indonesia ini bangsa besar yang kreatif dengan etnis begitu beragam, saya harap komunitas Cosplay ini semakin kreatif menjadi wadah menumbuhkan kreativitas lainnya seperti dalam produk film, buku, dan musik," kata Basuki.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta bakal menyelenggarakan "Jakarta Cosplay Parade" pada Minggu (2/11/2014) mendatang di Silang Monas sisi timur dan selatan. 

Acara ini merupakan yang pertama kalinya digelar secara skala besar sebagai momen untuk mengingatkan kembali Indonesia memiliki karakter yang tidak kalah hebat dari karakter manga, anime, film, komik, dan video games dari luar negeri. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budhiman merencanakan acara ini digelar tiap tahunnya. Penyelenggaraan pertama kali ini mengangkat tema "Rising of Indonesian Legend". "Jakarta Cosplay Parade ini menampilkan pahlawan Indonesia seperti Carok, Gundala Putra Petir, Gatot Kaca, Pandawa Lima, dan lainnya. Acara ini kami harapkan dapat memberi motivasi pelaku pop art khususnya cosplayer untuk mempromosikan Jakarta sebagai destinasi pariwisata dan budaya populer ke dunia internasional," kata Arie.

Kegiatan Jakarta Cosplay Parade ini juga akan dihadiri oleh paraCosplayerl luar negeri seperti Belanda, Malaysia, Singapura, dan Korea Selatan.

No comments:

Post a Comment