Friday, October 17, 2014

Ahok Blak-blakan: Saya Dicap Ada Masalah Kejiwaan

Foto: Ropesta/detikcom
Jakarta - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengunjungi unit informasi dan layanan sosial (UILS) "Rumah Kita" di Tebet, Jakarta Selatan. Ahok blak-blakan bicara dirinya juga punya masalah kejiwaan.

"Saya pun dicap ada masalah kejiwaan. Cuma waktu di tes di RSPAD, kadarnya belum lewat," kata Ahok di jalan Tebet Barat Dalam nomor 46A, Jakarta Selatan, Jumat (17/10/2014). 
Ucapan Ahok membuat hadirin dan puluhan orang dengan masalah kejiwaaan (ODMK) di Rumah Kita ikut tertawa.

Menurutnya, masalah kejiwaan itu mulai dicap pada dirinya karena kiprahnya masuk dunia politik. Bahkan beberapa lawan politiknya juga sempat memberikan cap yang sama saat berbeda pendapat dengan dia.

Namun Ahok mengaku tetap santai meskipun dia dianggap gila. "Kata teman-teman saya, ngapain jadi politisi? cari masalah saja. Saya bilang, paling enak jadi politisi," tambah wakil gubernur DKI itu.

Kunjungan Ahok ke Rumah Kita bertujuan untuk menyatakan dukungannya pada model pelayaan alternatif rehabilitasi sosial berbasis masyarakat. Rumah singgah yang sudah berdiri sejak 8 bulan lalu itu diinisiasi Kementerian Sosial bersama Pemprov DKI untuk membantu pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas mental.

Dia berharap makin banyak rumah singgah yang dibangun untuk membantu rehabilitasi ODMK. Pasalnya, di kota besar seperti Ibukota , jumlah penderita gangguan kejiwaan sangat banyak karena setiap orang punya potensi yang sama untuk mengalami gangguan jiwa.

"Di kota besar seperti ini, enggak bisa dihindari masalah kejiwaaan. Seperti kata Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos, jumlahnya di DKI sampai 11,6%. Malah lebih banyak daripada HIV," ucapnya.

No comments:

Post a Comment