Saturday, August 23, 2014

SBY Berharap Jokowi Tingkatkan Anggaran untuk Papua dan Papua Barat

Waisai, - Saat menyampaikan pidato sambutan di acara Sail Raja Ampat, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara khusus menyampaikan pesan khusus untuk presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi).

Pesan ini terkait anggaran untuk pembangunan di Papua dan Papua Barat. SBY berpesan agar anggaran pembangunan untuk Papua dan Papua Barat terus ditingkatkan.

Selama ini pemerintah pusat terus memperhatikan pembangunan di Papua. Setiap tahun ada anggaran khusus untuk Papua dan Papua Barat. Tahun 2015 nanti menurut SBY pemerintah pusat mengalokasikan Rp 2,5 triliun untuk pembangunan infrastruktur Papua dan Papua Barat.

Ada juga dana alokasi khusus untuk provinsi paling timur Indonesia itu. Besarnya mencapai Rp 7 triliun.

"Kita berharap dengan alokasi yang dilebihkan itu bisa mempercepat pembangunan (Papua)," kata SBY. 

Pembangunan Papua menurut SBY hanya bisa dilakukan dengan hati dan kasih sayang.

Waisai, - Puncak acara Sail Raja Ampat digelar hari ini Sabtu (23/8/2014) di pantai Waisai Torang Cinta, Raja Ampat Papua Barat.

Saat menyampaikan pidato sambutannya, Gubernur Papua Barat Abraham O Aturury sempat menangis. Suaranya sempat tertahan saat menyampaikan kemajuan pembangunan di salah satu provinsi di kawasan timur Indonesia itu. 

Di hadapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, gubernur Suaranya kemudian tertahan beberapa saat. "Sekai lagi kami haturkan penghargaan atas kerjasama semua pihak dalam membangun Raja Ampat," lanjut Bram.

Bram berharap Raja Ampat akan menjadi salah satu tujuan wisata dunia. Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono mengatakan, saat ini Raja Ampat menjadi salah satu dari tujuh kawasan yang diusulkan sebagai global geopark United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Enam lainnya adalah Merangin, Kerinci, Sorolangun di Jambi, Pegunungan Sewu, Danau Toba, Pangandaran, Bandung Utara, Parahyangan, dan Maros, Sulawesi Selatan.

"Saat ini kami terus mengurus (pengajuannya)," kata Agung.

No comments:

Post a Comment