Tuesday, August 26, 2014

Komposer Addie MS diusulkan oleh pembaca untuk menjadi calon menteri


Jakarta - Komposer Addie MS diusulkan oleh pembaca untuk menjadi calon menteri di kabinet mendatang lewat program Seleksi Menteri detikcom. Pendiri Twilite Orchestra ini mengapresiasi dukungan masyarakat tersebut. Addie mengejewantahkan konsep 'Revolusi Mental' yang diusung Jokowi-JK dengan program pembinaan karakter unggul.

"Dianggap layak oleh sebagian masyarakat saja sudah merupakan penghargaan yang sangat saya apresiasi. Kalau kemudian benar-benar ditunjuk oleh Presiden, itu soal lain yang belum saya bayangkan. Saya yakin, banyak yang lebih pantas dan lebih baik daripada saya," kata Addie ketika ditanya tentang kesediaannya bila ditunjuk sebagai menteri, Selasa (26/8/2014).

Dalam wawancara lewat surat elektronik, Addie mengaku setuju dengan konsep Revolusi Mental yang diusung Jokowi-JK. Suami Memes ini menuturkan bahwa Indonesia seharusnya seperti negara maju, di mana masyarakat tidak melanggar aturan bukan hanya karena takut hukuman, tapi juga karena memiliki rasa malu.

"Pembangunan ekonomi dan fisik tanpa diimbangi dengan pembangunan karakter unggul, terbukti hanya membuat kegaduhan karena pelecehan hukum di mana-mana," ucapnya. 

Addie mendorong dibuatnya pedoman mengenai sikap dan perilaku masyarakat, tetapi hal ini harus dimulai dari para pemimpinnya. Para birokrat harus paham bahwa mereka memiliki kewajiban untuk melayani masyarakat, bukan dilayani.

"Bukan hanya dengan imbauan, tapi juga keteladanan. Bukan hanya mengevaluasi terus menerus, tapi juga tegas memberikan sanksi kepada yang melanggar atau tidak mecapai target dalam tugasnya," ucap pria berusia 54 tahun ini.

Bicara tentang seni, Addie mengungkapkan bahwa seni juga bisa dimanfaatkan untuk membina karakter unggul. Sayangnya, saat ini seni di Indonesia masih terlalu dikomersialkan
"Di Indonesia, seni budaya masih dilihat sebagai komoditi pariwisata atau hiburan, bukan dari sisi edukasionalnya. Maka banyak seni adiluhung tidak bisa hidup. Yang bertahan hanya seni komersial atau apa pun yang bisa dikomersialkan. Seharusnya di sini pemerintah bisa sangat berperan," ujar nominator Grammy Awards ke-38 ini.

Latar belakang pemusik membuatnya mayoritas diusulkan sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Namun, Addie mengaku belum membayangkan jadi menteri, walaupun sudah sering memberi masukan bagi pembantu presiden tersebut.

"Dari dulu kebiasaan saya justru memberi masukan kepada para menteri. Di zaman Presiden Soeharto, beberapa kali saya mendatangi pejabat, seperti Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Pariwisata, Pos & Telekomunikasi, Gubernur dan lainnya. Saya hanya selalu berharap para menteri terbuka dan rajin berdialog dengan masyarakat," tuturnya.

Anda bisa mengusulkan penempatan kementerian yang cocok untuk Addie MS dan memberi informasi umpan balik kepada kami melalui link ini. Anda juga dapat melihat profil calon menteri lainnya di sini.

No comments:

Post a Comment