Saturday, August 23, 2014

Kata Jokowi soal Mobil Dinasnya Jadi Mercy

KOMPAS.com/FABIANUS JANUARIUS KUWADOMobil Toyota Inova B 1124 BH milik Joko Widodo terparkir bersebelahan dengan mobil Mercedes Benz B 1178 RFT milik Jusuf Kalla.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden terpilih Joko Widodo, mulai Sabtu (23/8/2014) pagi, menaiki mobil Mercedes Benz yang disediakan sebagai mobil operasional dari pemerintah. Rupanya, Jokowi merasa nyaman dengan mobil barunya itu.

"Saya nyaman pakai apa saja. Mau pakai becak nyaman, pakai bajaj juga nyaman. Pakai Kijang nyaman, pakai Mercy nyaman," kata Jokowi usai temu relawan di Hotel Whiz Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (23/8/2014) siang. 

Pantauan Kompas.com, Jokowi keluar dari rumah dinasnya dengan mobil Mercedes Benz bernomor polisi B 1190 RFS. Setibanya di hotel, Mobil tersebut langsung bertengger di depan pintu masuk utama lobi. 

Menurut Jokowi, mobil tersebut bukanlah mobil baru, melainkan mobil buatan tahun 2008. Namun, spesifikasinya sudah memenuhi standar mobil untuk dinaiki oleh seorang presiden. 

"Karena semuanya anti peluru. Standarnya harus anti peluru," ujarnya. 

Apakah Jokowi akan menaiki Innovanya lagi setelah ini? "Ini kan masih nyoba, apa masih memungkinkan misalnya pakai kijang, saya enggak ngerti," ujarnya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden terpilih Joko Widodo mengatakan, pengawalan ketat yang dilakukan terhadapnya hari ini sudah dibuat semaksimal mungkin. Dia tidak ingin dikawal secara berlebihan. 

"Tadi malam kita simpulkan, sudah kita hitung, mobil rombongan berapa. Kalau normal katanya 22, dan saya bilang, saya pengen yang paling simpel, yang paling kecil, tapi tetap pada standar keamanan yang ada," kata Jokowi usai temu relawan di Hotel Whiz, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (23/8/2014) siang. 

Akhirnya, diputuskan bahwa hanya ada tujuh mobil yang ikut dalam mengiringi Jokowi ke mana pun dia pergi. 

Pantauan Kompas.com, mobil iring-iringan Jokowi yang mulai bergerak dari rumah dinasnya pagi ini tidak begitu panjang. "Hitung, hitung, hitung, ketemu, 7 mobil. Patwal, kedua ada, dan yang ketiga kita," ujarnya. 

Selain dikawal Paspampres, mulai hari ini Jokowi juga mulai menggunakan mobil Mercedes Benz bernomor polisi B 1190 RFS. Biasanya, Jokowi selalu menggunakan mobil Toyota Innova yang sudah lecet di bagian badannya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden terpilih Joko Widodo telah mewanti-wanti agar Paspampres tidak membatasi geraknya untuk lebih dekat dengan rakyat saat blusukan. Asisten Operasi Komandan Paspampres, Kolonel A Budi Handoyono, mengatakan, pihaknya siap menyesuaikan diri dengan keinginan Jokowi itu.

Menurut Budi, Paspampres juga berpengalaman mengawal presiden dan wakil presiden yang berkarakter khasi seperti BJ Habibie.

"Akan disesuaikan dengan tingkat keamanan. Kami tidak berdiri sendiri. Kami berintegrasi dengan unsur TNI lainnya dan Polri. Kan ada ring 1, 2 dan 3," ujarnya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Namun, kata Budi, Paspampres tetap menerapkan standar maksimal namun memberikan kenyamanan kepada Jokowi. "Contohnya pengamanan pada kegiatan APEC. Saat itu, kamimaximum security, tetapi (yang dikawal) merasa nyaman," kata Budi.

Terkait pengamanan Jokowi ketika blusukan, Budi mengatakan, Paspampres sudah memiliki teknik-teknik khusus untuk kegiatan seperti itu. Menurut dia, Paspampres tetap mengedapankan kenyamanan. Salah satu caranya menempatkan personel yang memakai pakaian kasual.

Sementara itu, Wakil Asisten Operasi Panglima TNI Laksma Darmanto mengatakan, pihaknya akan senantiasa berkonsultasi dengan Jokowi. Apabila Jokowi hendak blusukan dan Paspampres menilai lokasinya tidak aman, maka Paspampres akan segerea memberi tahu Jokowi.

"Prinsipnya, kalau beliau melakukan kegiatan, kami akan memberikan saran-saran terkait keamanan. Apabila tidak aman, tugas kami semakin berat dan itu tugas Paspampres untuk memberi tahu presiden," ujar Darmanto.

No comments:

Post a Comment