Saturday, October 1, 2016

Jokowi Akan Undang Prajurit yang Berjasa Angkat Jenazah Pahlawan, Luhut Terharu

Jokowi Akan Undang Prajurit yang Berjasa Angkat Jenazah Pahlawan, Luhut Terharu

 Presiden Joko Widodo mengundang 3 orang prajurit Marinir yang terlibat dalam pengangkatan jenazah korban G30S/PKI. Selain itu, prajurit Resimen Pasukan Komando Angkatan Darat (RPKAD) atau yang saat ini disebut Kopassus, juga akan ditemui.

"RPKAD ini juga akan kita cari siapa yang masih hidup," ujar Menko Polhukam Luhut Panjaitan di Monumen Lubang Buaya, Pondok Gede, Jakarta Timur, Kamis (1/10/2015).

Dalam peristiwa yang terjadi 50 tahun lalu tersebut, jenazah para korban G30S/PKI ditemukan oleh prajurit RPKAD. Karena keterbatasan alat, mereka kemudian meminta bantuan prajurit KKO atau Marinir untuk masuk ke dalam sumur Lubang Buaya. 

Luhut menjelaskan, pemanggilan kepada para prajurit yang terlibat dalam pengangkatan pahlawan revolusi tersebut murni ide dari Presiden Jokowi. Sebagai mantan prajurit TNI, Luhut mengaku terharu dengan ide Jokowi tersebut.

"Saya sebagai tentara sangat tersentuh juga, Presiden punya ide, sampai meminta saya untuk mengatur (pertemuan) ketiga prajurit Marinir tadi, dan mungkin beberapa prajurit Kopasus yang masih hidup, RPKAD untuk bertemu dengan Presiden di Istana," tutupnya. 
(khf/hri)

No comments:

Post a Comment