Monday, October 24, 2016

Deddy Mizwar: Pemprov Siap Bantu Ridwan Kamil Tangani Banjir Bandung

Deddy Mizwar: Pemprov Siap Bantu Ridwan Kamil Tangani Banjir BandungBanjir di Kota Bandung/ Foto: Foto Warga/M Wildan Fadillah

 Kota Bandung dikepung banjir tepatnya di kawasan Pasteur. Wagub Jawa Barat Deddy Mizwar akan berkoordinasi dengan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

"Tanya ke Emil (sapaan akrab Ridwan Kamil). Selama ini kalau banjir tidak pernah sampai seperti itu," kata Dedy di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Senin (24/10/2016).

Deddy sendiri belum mendapat info dari Pemkot Bandung terkait penyebab banjir itu. Tetapi memang beberapa hari ini Bandung diguyur hujan deras.

"Tadi saya lewat Pasteur belum banjir, sekitar jam 11.00 WIB. Kalau Pemkot butuh bantuan, Pemprov siap membantu," imbuh Deddy.

Dia memprediksi penyebab banjir adalah drainase yang buruk. Kota semakin padat, tetapi sistem drainase tak diperbarui.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Kota Bandung Iskandar Zulkarnaen mengatakan, banjir terjadi akibat luapan sungai Citepus dari Bandung Utara.

"Hujan kan besar di utara. Sehingga aliran sungai Citepus juga cukup besar dari Lembang sana. Jalur-jalur terdampak yakni Pasteur, Pagarsih, Sukamulya," ujar pria yang karib disapa Zul ini saat dihubungi melalui ponselnya.

Sebagai antisipasi, lanjut Zul, DBMP Kota Bandung menyiagakan petugas di kawasan Pasteur. Selain itu, pihaknya akan mengupayakan saluran baru di sekitar Pasteur. 

No comments:

Post a Comment