Friday, October 21, 2016

Surat Bush Senior ke Bill Clinton Bikin Warga AS Terharu

Surat Bush Senior ke Bill Clinton Bikin Warga AS TerharuSurat Bush senior untuk Bill Clinton tahun 1993 (Twitter/@TheFoodLab)
Washington - Isi surat George HW Bush kepada Bill Clinton saat serah terima jabatan Presiden Amerika Serikat (AS) tahun 1993 membuat warga AS bernostalgia dan terharu. Surat ini ramai dibahas publik usai komentar capres AS dari Partai Republik, Donald Trump yang enggan menyatakan siap menerima hasil pilpres. 

Dengan berbesar hati, George HW Bush mendoakan kesuksesan Bill Clinton yang saat itu akan menggantikannya memimpin AS. Bill menjabat presiden AS selama dua periode, mulai dari tahun 1993-2001. Bill menggantikan George HW Bush dari Partai Republik yang menjabat Presiden AS tahun 1989-1993.

"Kesuksesan Anda sekarang adalah kesuksesan negara kita. Saya sangat mendukung Anda," tulis George HW Bush atau Bush senior dalam surat tertanggal 20 Januari 1993, selang beberapa bulan setelah dirinya kalah dari Bill dalam pilpres tahun 1992, seperti dilansir AFP, Jumat (21/10/2016).

Baca juga: Soal Hasil Pilpres AS, Donald Trump Menolak Mengatakan Siap Menerima

Surat berusia 23 tahun itu berasal dari perpustakaan kepresidenan George HW Bush. Seorang penyiar radio AS dari National Public Radiomenyebarkan foto surat itu via media sosial dan meminta orang-orang membacanya kembali. "Baca ini. Pikirkan soal ini. Serah terima yang sangat ramah dari George HW Bush kepada Bill Clinton. Sangat indah," ucap penyiar radio itu.

Dalam surat tulisan tangan itu, Bush senior juga menyemangati serta memberi saran kepada Bill yang akan menggantikannya. "Akan ada masa-masa sangat sulit, yang membuatnya lebih sulit dengan adanya kritikan yang Anda pikir tidak adil. Saya tidak jago dalam memberikan nasihat; tapi jangan biarkan kritikan mengecilkan hati Anda atau menjatuhkan Anda," tulis ayah dari George W Bush yang menjadi Presiden AS ke-43. 

Tidak hanya itu, Bush senior juga mendoakan kebahagiaan dan keluarga Bill. Bahkan Bush senior menyebut Bill sebagai 'presiden kami' dalam surat menyentuh hati itu. Dia menggarisbawahi kata 'kami' dalam surat itu.

"Anda akan menjadi Presiden kami ketika membaca surat ini. Saya mendoakan kesehatan Anda. Saya mendoakan kesehatan keluarga Anda," tandas Bush senior dalam surat yang dibubuhi tanda tangannya itu.

Baca juga: Donald Trump: Saya Akan Menerima Hasil Pilpres Jika Saya Menang

Via media sosial, banyak yang membandingkan surat itu dengan sikap keras yang ditunjukkan Trump beberapa waktu terakhir. "Apa yang terjadi pada kita selama 20 tahun terakhir? Tertegun. Malu," tulis salah satu pengguna Twitter yang menyertakan foto surat Bush senior itu.

"Ini elegan dan berkelas," tulis pengguna Twitter lainnya. "Trump harus membaca ini," seru pengguna Twitter yang berbeda.

Hilary Clinton, istri Bill yang juga capres Partai Demokrat, memposting foto surat itu dalam akun Instagramnya beberapa bulan lalu. Hillary menyebut surat itu membuatnya sangat terharu. "Surat ini memiliki nasihat yang baik soal bagaimana tetap fokus pada apa yang penting, terlepas dari adanya kritikan. Mereka bertarung habis-habisan dalam kampanye. Bill menang, Presiden Bush kalah. Dalam demokrasi, seperti itulah yang terjadi," komentar Hillary saat itu.

No comments:

Post a Comment