Friday, May 9, 2014

Kera-kera Terlatih Menjaga Tentara China Tetap Aman

Beijing - Angkatan Udara China memiliki senjata rahasia baru, yakni kera.People's Liberation Army (PLA) melatih beberapa ekor kera untuk menjaga agar personel Angkatan Udara tetap aman.

Kera-kera ini ditugaskan di sebuah markas AU di wilayah China bagian utara, yang berada jalur migrasi utama para burung. Sebenarnya apa yang bisa dilakukan kera-kera ini untuk menjaga keamanan personel AU? Mereka mencegah burung-burung untuk membuat sarang di dekat markas AU. 

Seringkali kebanyakan burung yang bebas beterbangan di sekitar markas tentara AU tersebut, mengganggu pesawat militer yang sedang mengudara. Burung-burung itu bisa tersedot ke dalam mesin pesawat dan membahayakan nyawa si burung serta pilot pesawat.

"Jangan khawatir, sekarang kami memiliki senjata rahasia!" ucap pejabat tinggi AU setempat, Su Chuang seperti dikutip situs PLA dan dilansir CNN, Jumat (9/5/2014)/

Senjata rahasia yang dimaksud Chuang ialah kera-kera yang dilatih khusus oleh militer setempat. Ketika ada sarang burung yang ditemukan di atas pohon dekat markas militer tersebut, maka dengan cekatan kera-kera militer tersebut akan memanjat pohon dan memindahkan sarang burung tersebut.

PLA telah mencoba berbagai macam cara untuk memindahkan sarang burung yang ada di sekitar markas mereka, antara lain dengan membakar sarang burung tersebut. Kemudian menggunakan tongkat bambu panjang untuk memindahkan sarang tersebut, hingga menugaskan tentara untuk memanjat pohon dan memindahkan sarang burung tersebut secara manual.

Tidak ada satupun cara tersebut yang berhasil dan efektif. Selain karena terlalu memakan waktu dan membahayakan keselamatan tentara yang memanjat banyak pohon, entah mengapa burung-burung tetap kembali ke pohon yang sama untuk membuat sarang lainnya.

Namun anehnya, ketika kera yang memindahkan sarang burung tersebut di pohon, burung-burung itu tidak kembali. Menurut PLA, kera-kera tersebut meninggalkan bau khas pada dahan pohon yang mencegah burung-burung itu kembali dan membuat sarang yang baru.

"Kera-kera ini merupakan pengawal setia yang menjaga keamanan tentara kita," sebut PLA.

No comments:

Post a Comment