Wednesday, May 7, 2014

Ahok: Jokowi Tak Pernah Keluarkan Izin Pembangunan Mal

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, semua pembangunan mal-mal baru yang akan dilaksanakan di Jakarta untuk saat ini menggunakan izin yang dikeluarkan sebelum era Joko Widodo. Ia menjamin, selama era Jokowi, belum ada izin pembangunan mal yang dikeluarkan. 

"Izin baru tidak ada. Kalau yang dibangun sekarang kan izin lama. Jadi selama pakai izin lama, ya sudah jalan saja (proses pembangunannya)," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Rabu (7/5/2014). 

Basuki mengakui, pembangunan mal bukan sesuatu yang salah. Yang penting dilakukan di kawasan yang tepat, yakni tidak di tengah kota. Menurutnya, masih banyak tempat-tempat di Jakarta yang masih layak dibangun mal. 

"Selama kondisi memungkinkan masih boleh. Kayak di Jakarta Timur, kalau mau bangun mal masih boleh. Jadi tergantung kondisi lalu lintas. Kalau di tengah kota, baru tidak bisa," jelasnya. 

Beberapa bulan lalu, Jokowi mengaku telah menahan permohonan izin pembangunan pusat perbelanjaan. Namun, menurutnya, tidak ada peraturan khusus untuk memayungi kebijakan tersebut. 

Rencana memberlakukan penghentian sementara pembangunan pusat perbelanjaan ini kembali mencuat setelah Jokowi menyatakan tidak menandatangani izin pembangunan 14 mal di Jakarta. Menurut Jokowi, Jakarta sudah memiliki 173 mal dan menjadi kota dengan mal terbanyak di seluruh dunia.

No comments:

Post a Comment