Saturday, October 15, 2016

Taman Depan Balai Kota Rusak Berat, Kadis Taman: Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Tanaman hias di depan Balai Kota DKI Jakarta rusak berat akibat terinjak-injak ribuan massa 'Aksi Bela Islam' yang berdemo pada Jumat (14/10). Kerugian akibat peristiwa ini mencapat ratusan juta rupiah.

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta Djafar Muchlisin menyayangkan rusaknya tanaman hias di sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, akibat terinjak-injak pendemo. Dia menyebut pihaknya mengalami kerugian cukup besar akibat peristiwa ini.

Penampakan tanaman hias di depan Balai Kota DKI Jakarta yang hancur terinjak-injak pendemo (Foto: Jabbar Ramdhani/detikcom)Penampakan tanaman hias di depan Balai Kota DKI Jakarta yang hancur terinjak-injak pendemo (Foto: Jabbar Ramdhani/detikcom)
"Kira-kira mungkin bisa sampai ratusan juta lah ya," kata Djafar saat diwawancarai detikcom lewat telepon, Jumat (14/10/2016). 

Dikatakan Djafar, pagi ini pihaknya akan menghitung lagi nilai kerugian. Petugas juga akan dikerahkan untuk kerja bakti membersihkan tanaman yang rusak dan hancur.

"Nanti kalau yang masih bisa ditanam, ditanam lagi. Kalau enggak bisa lagi ya diganti. Kita akan rapihin lagi pagi ini. Nanti tanaman yang terinjak-injak dan hancur ya kita akan angkat, diganti," ujarnya.

(Baca juga: Taman Depan Balai Kota Rusak Berat, Ahok: Apa Pernah Mereka Tanggung Jawab?)

Menurut Djafar, akan sulit meminta pertanggungjawaban massa yang menginjak-injak tanaman hias ini. Tanaman hias yang rusak nanti akan diganti. Bibitnya akan diambil dari kebun-kebun bibit milik Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta. Jika bibit bunga yang sama tidak ada, pihaknya akan melakukan pembelian. 

No comments:

Post a Comment