Tuesday, October 4, 2016

Pemprov DKI tambah 300 bus Transjakarta buat 'bunuh' Kopaja

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta segera merealisasikan pembelian 300 bus Transjakarta. Bus yang akan dibeli nantinya akan lebih didominasi dari buatan Scania dari Swedia.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, bus yang akan dibeli memiliki rangka lower deck. Bahkan, pihaknya telah menyiapkan dana Rp 2,5 triliun melalui penyertaan modal pemerintah ke PT TransJakarta.

"Kita mau beli 300 bus lagi. 150 merek Scania, 150 sisanya bakal dicampur merek lain. Kita perbanyak bus yang bagus supaya Kopaja nanti bangkrut sendiri. Jadi warga lebih terlayani," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (3/10).

Sementara itu, Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono memastikan pembelian pertama bus akan dilakukan pada minggu ke dua bulan Desember 2016. Pembelian selanjutnya akan dilakukan secara bertahap sampai bulan Juni 2017.

"Kita akan beli bertahap enggak bisa langsung semua. Bertahap sampai bulan Juni sesuai kebutuhan saja dulu," ujarnya.

Hari ini sebuah bus Scania dengan lower entry dipertontonkan di Balai Kota. Bus ini merupakan bus merek Scania didatangkan langsung dari Swiss. Bus ini memiliki suspension yang nyaman dan ramah disabilitas.

"Jadi di pintu depannya rendah, di belakang pintunya masih tinggi. Pokoknya lebih nyaman karena suspensi nya beda," tutup Budi.

No comments:

Post a Comment